ADVERTISEMENT

Wales Akhirnya Tembus Piala Dunia Setelah 64 Tahun Absen

Bayu Baskoro - Sepakbola
Senin, 06 Jun 2022 05:00 WIB
Cardiff -

Timnas Wales memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. The Dragons pun tampil kembali di kejuaraan dunia setelah absen 64 tahun!

Wales menghadapi Ukraina dalam babak play-off Piala Dunia 2022. Pertandingan berlangsung di Stadion Cardiff, Minggu (5/6/2022) malam WIB.

Ukraina tampil dominan dengan 22 attempts (9 on target) dan 68 persen penguasaan bola. Wales tercatat melakukan 10 tembakan percobaan, 3 di antaranya on target.

Kendati demikian, Ukraina kesulitan menembus pertahanan Wales. Alih-alih mencetak gol, Oleksandr Zinchenko dkk justru kebobolan pada menit ke-39.

Andriy Yarmolenko mencetak gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi bola tendangan bebas Gareth Bale. Wales unggul 1-0 dan bertahan hingga pluit akhir pertandingan berbunyi.

Kemenangan ini membawa Timnas Wales berhak atas satu tiket ke Piala Dunia 2022. Skuad asuhan Robert Page itu tergabung di Grup B bersama Inggris, Iran, serta Amerika Serikat.

Ini merupakan keberhasilan kedua Wales menembus Piala Dunia. The Dragons sebelumnya debut dalam ajang sepakbola tertinggi dunia itu pada 1958, alias 64 tahun yang lalu!

Wales kala itu lolos setelah mempecundangi Israel dalam dua leg play-off. Wales sebelumnya gagal lolos kualifikasi zona Eropa, tapi mendapat kesempatan berebut tiket dengan Israel, wakil Asia yang lolos tanpa bertanding sekali pun akibat diboikot lawan, termasuk Indonesia.

Keberhasilan Wales ke Piala Dunia 2022 juga membawa mereka masuk buku rekor. Opta mencatat, Wales menjadi tim dengan jeda partisipasi Piala Dunia terlama, yakni 64 tahun.

Selamat untuk Timnas Wales yang lolos ke Piala Dunia 2022!

(bay/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT