ADVERTISEMENT

4 Negara Ini Diklaim Larang Klub-klubnya Beli Pesepakbola Rusia

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 07 Jul 2022 14:20 WIB
Russian Flag --- Image by  Royalty-Free/Corbis
Ilustrasi Bendera Rusia. Foto: Internet/Royalty-Free/Corbis
Jakarta -

Situasi politik terkait Rusia memunculkan klaim bahwa ada empat negara yang melarang klub-klubnya membeli pesepakbola dari negaranya Vladimir Putin tersebut.

Klaim itu dilontarkan oleh German Tkachenko, seorang agen pesepakbola. Menurutnya, ada tekanan politis kepada klub-klub sepakbola di Inggris, Jerman, Swiss, dan Amerika Serikat.

Menurut Tkachenko, klub di keempat negara tersebut dilarang mendatangkan pemain atau pelatih sepakbola yang berasal dari Rusia.

"Ada tekanan langsung dari otoritas politik dan birokratik kepada klub dan federasi... Saya tahu bahwa di Amerika, Jerman, Inggris, dan Swiss ada instruksi khusus tidak mendatangkan pelatih dan pemain sepakbola dari Rusia," katanya seperti dilansir RT.com.

Ini adalah imbas lanjutan dari invasi Rusia ke Ukraina. Klub-klub sepakbola dari Rusia sendiri sudah dilarang berkecimpung dari kompetisi di bawah naungan FIFA dan UEFA.

Tkachenko juga menambahkan bahwa di ajang olahraga lain seperti Wimbledon pun para petenis dari Rusia dan Belarusia sudah dilarang tampil pada gelaran tahun ini. Panitia Wimbledon menyebut hal itu sebagai arahan dari pemerintah Inggris.

"Dan kami percaya bahwa saat ini, karena alasan-alasan politis, transfer pesepakbola Rusia ke Eropa masih belum realistis," ujar Tkachenko.

Di sisi lain, Tkachenko menyebut bahwa situasinya perlahan sudah membaik buat pesepakbola Rusia. Ia menyebut bahwa klub-klub Spanyol dan Italia, dan segelintir di Jerman, sudah melunak.

(krs/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT