ADVERTISEMENT

Awan Kelabu Sepakbola Thailand: Timnas U-23 Skandal, Timnas U-19 Keok

Tim detikcom - Sepakbola
Jumat, 15 Jul 2022 14:20 WIB
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - DECEMBER 01: A Thai fan poses during the AFF Suzuki Cup semi final between Malaysia and Thailand at Bukit Jalil National Stadium on December 01, 2018 in Kuala Lumpur, Malaysia. (Photo by Stanley Chou/Getty Images)
Ilustrasi suporter timnas sepakbola Thailand. (Foto: Getty Images/Stanley Chou)
Jakarta -

Sepakbola Thailand sedang diselimuti awan kelabu. Dengan timnas U-19 keok di semifinal Piala AFF U-19 2022, timnas U-23 Negeri Gajah juga kena skandal.

Federasi Sepakbola Thailand (FAT) kini sedang melakukan investigasi atas skandal pelecehan seksual terhadap pemain-pemain Timnas U-23.

Dalam skandal tersebut, Madam Pang selaku tokoh terkemuka persepakbolaan Thailand ikut terseret. Bukan cuma akibat posisinya sebagai manajer timnas, tapi karena pelaku pelecehan seksual adalah asistennya.

Menurut laporan Siam Sports yang dikutip media Vietnam VTC.vn, pelecahan seksual itu terjadi pada tanggal 13 Juni lalu ketika Timnas Thailand U-23 sedang berpesta merayakan gelar juara.

Tiga hari berselang, pada tanggal 16 Juni, ada laporan mengenai tutur-kata dan tindakan tidak pantas dari seorang staf perempuan kepada para pemain timnas Thailand U-23. Perempuan itu teridentifikasi sebagai asisten Madam Pang.

Insiden ini bikin FAT berang. Tidak tinggal diam, FAT langsung memulai investigasi yang hasilnya akan dilaporkan ke otoritas sepakbola Asia, AFC.

"Kasus pemain Thailand U-23 yang dilecehkan secara seksual menciptakan efek negatif, merusak citra FAT, unit yang menerima perlindungan Keluarga Kerajaan Thailand. Oleh karena itu, komisi Komite investigasi akan turun tangan untuk mengklarifikasi dan mencari kebenaran. Sebuah laporan tentang insiden ini akan dikirim ke AFC," tulis pernyataan FAT.

Madam Pang, yang namanya ikut terseret, juga langsung meminta maaf. Ia juga menegaskan sudah menindak tegas stafnya. Ada kabar bahwa Madam Pang, yang dalam beberapa tahun terakhir amat diapresiasi kiprahnya di dunia sepakbola Thailand, bisa dicopot dari posisinya sebagai manajer tim nasional.

Timnas U-19 Gagal Kejar Gelar Juara

Skandal itu menambah duka nestapa sepakbola Thailand, yang tim nasionalnya di level usia U-19 juga sudah tak lagi bisa mengejar gelar juara di Piala AFF U-19 2022. Ada pula sorotan negatif terhadap laju mereka di ajang tersebut.

Pekan ini Timnas Thailand U-19 baru saja keok di tangan Laos dalam partai semifinal Piala AFF U-19. Keberhasilan lolos ke babak empat besar sendiri disoroti karena adanya tudingan main mata dengan Vietnam di fase grup.

Pada fase grup tersebut, Vietnam dan Thailand lolos dari Grup A sebagai juara dan runner-up dengan Indonesia finis di bawahnya. Ketiga tim tersebut sama-sama mengantongi 11 poin.

Ketidakberhasilan Indonesia melaju dari fase grup Piala AFF U-19 2022 tidak lepas dari fakta bahwa Vietnam dan Thailand, pada laga pamungkas mereka, bermain dengan skor 1-1. Hasil itu memupus habis asa Indonesia.

Ironisnya, baik Vietnam maupun Thailand kemudian sama-sama keok di babak semifinal Piala AFF U-19. Pada hari ini, Jumat (15/7) sore WIB, Thailand akan kembali berhadapan dengan Vietnam di laga perebutan posisi ketiga.

Bagi Thailand, hasil dalam laga tersebut bisa menjadi pelipur lara -- tentu dengan catatan bisa mengalahkan Vietnam. Jika keok lagi, awan di atas sepakbola Negeri Gajah tampaknya akan bertambah kelabu.

(krs/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT