ADVERTISEMENT

Mbappe Bilang Tim Eropa Punya Keuntungan di Piala Dunia, Tite Membalas

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Rabu, 17 Agu 2022 16:00 WIB
Brazils head coach Tite gestures during the friendly football match between Japan and Brazil at the National Stadium in Tokyo on June 6, 2022. (Photo by CHARLY TRIBALLEAU / AFP) (Photo by CHARLY TRIBALLEAU/AFP via Getty Images)
Pelatih Brasil Tite tidak sepakat dengan komentar bintang timnas Prancis Kylian Mbappe. (Foto: AFP via Getty Images/CHARLY TRIBALLEAU)
Rio de Janiero -

Kylian Mbappe pernah mengatakan bahwa tim-tim Eropa punya keuntungan ketimbang Argentina atau Brasil di Piala Dunia. Pelatih Brasil Tite merespons.

Mbappe memimpin Prancis memenangi Piala Dunia 2018. Sukses itu menjadi gelar juara dunia Les Bleus kedua, sekaligus memperpanjang dominasi Eropa dalam 20 tahun terakhir.

Sebelum Prancis pun trofi juara Piala Dunia direbut oleh Jerman (2014), Spanyol (2010), dan Italia (2006). Sedangkan terakhir kali tim Amerika Selatan memenangi ajang prestisius tersebut ketika Brasil menjadi kampiun di Jepang dan Korea Selatan pada 2002.

Menurut Mbappe, fenomena itu tidak lepas dari bobot kualifikasi Piala Dunia zona Eropa yang lebih berat ketimbang di Amerika Selatan.

"Keuntungan yang kami [tim-tim favorit] punya adalah kami selalu saling menghadapi satu sama lain dan kami punya pertandingan-pertandingan level tinggi," ucap superstar Paris Saint-Germain itu pada Mei silam.

"Argentina dan Brasil tidak memiliki kompetisi dengan level seperti itu di Amerika Selatan, sepakbola di sana tidak seberkembang di Eropa, jadi itulah mengapa belakangan ini tim-tim Eropa merajai Piala Dunia," kata Mbappe.

Tite tidak sepakat dengan penyerang berusia 23 tahun itu. Tite menegaskan, kualifikasi Piala Dunia di Amerika Selatan sama sulitnya dengan di Eropa.

"Mungkin [Mbappe] sedang membicarakan tentang pertandingan-pertandingan Nations League atau uji coba Eropa, bukannya kualifikasi Piala Dunia," kata pelatih berusia 61 tahun ini kepada ESPN Brasil.

"Kami tidak memiliki, tanpa mengurangi rasa hormat, lawan seperti Azerbaijan. Kami tidak memiliki siapapun yang memberi anda jeda. Pertandingan-pertandingan kualifikasi di sini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dari pada fase grup [kualifikasi Eropa]," Tite menambahkan terkait responsnya kepada komentar Kylian Mbappe.

(rin/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT