Kiprah Urawa Red Diamonds Melaju ke Final Liga Champions Asia 2022

ADVERTISEMENT

Kiprah Urawa Red Diamonds Melaju ke Final Liga Champions Asia 2022

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 03 Sep 2022 01:00 WIB
Urawa Red Diamonds sudah memastikan lolos ke Liga Champions Asia 2022. Pada laga semifinal, Urawa menang adu penalti melawan klub Korea Jeonbuk Hyundai Motors.
Urawa Red Diamonds. (Foto: dok. J.League)
Jakarta -

Urawa Red Diamonds sudah memastikan lolos ke Liga Champions Asia 2022. Pada laga semifinal, Urawa menang adu penalti melawan Jeonbuk Hyundai Motors.

Simak perjalanan panjang Urawa hingga bisa menjadi yang terbaik di kawasan Asia Timur. Dari lolos ke Liga Champions, bertanding di fase grup hingga melaju ke final.

Awal Perjalanan

Awal perjalanan tim asal Prefektur Saitama tersebut dimulai dari gelaran Piala Kaisar Jepang 2021 alias musim lalu. Masuk di ronde kedua, Urawa Reds berhasil menang secara beruntun lawan Kataller Toyama (1-0), SC Sagamihara (1-0), Kyoto Sanga (1-0), Gamba Osaka (2-0), dan Cerezo Osaka (2-0) untuk bisa melangkah ke partai puncak.

Di final, gol Ataru Esaka dan gol telat pada menit ke-90+3 dari Tomoaki Makino membuat Urawa Reds berhasil menang 2-1 lawan Oita Trinita dan merengkuh gelar Piala Kaisar kedelapan mereka.

Kemenangan ini juga artinya Urawa Reds mendapat satu tiket ke Liga Champions Asia musim ini, bersama tiga wakil J.League lainnya: Kawasaki Frontale, Yokohama F. Marinos, dan Vissel Kobe. Sebagai juara Piala Kaisar, Urawa Reds berhak langsung lolos ke babak grup Liga Champions Asia musim ini.

Babak Grup

Pada babak grup, Urawa Reds tergabung di grup F bersama Daegu FC (Korea Selatan), Lion City Sailors (Singapura), dan Shandong Taishan (Cina). Karena pandemi COVID-19, enam laga babak grup digelar di satu tempat saja, laga grup F digelar di Buriram, Thailand, pada 15-30 April 2022 lalu.

Berikut ini adalah hasil Urawa Reds Diamonds sepanjang babak grup:

1. 4-1 vs Lion City Sailors (Singapura)
2. 5-0 vs Shandong Taishan (Cina)
3. 0-1 vs Daegu FC (Korea Selatan)
4. 0-0 vs Daegu FC (Korea Selatan)
5. 6-0 vs Lion City Sailors (Singapura)
6. 5-0 vs Shandong Taishan (Cina)

Kekalahan dan hasil imbang dalam dua laga melawan Daegu FC, membuat Urawa Reds mengumpulkan poin 13, sama dengan Daegu. Urawa Reds harus rela hanya jadi runner-up grup F karena kalah head-to-head dengan tim asal Korea Selatan tersebut. Meski begitu, mereka tetap lolos ke babak gugur sebagai satu dari tiga runner-up.

[Fase Gugur dan Final di Halaman Selanjutnya]

ADVERTISEMENT