Cerdasnya Ajax di Bursa Transfer, Beli Pemain Baru Pakai Uang dari MU

ADVERTISEMENT

Cerdasnya Ajax di Bursa Transfer, Beli Pemain Baru Pakai Uang dari MU

Adhi Prasetya - Sepakbola
Sabtu, 03 Sep 2022 06:00 WIB
Logo of AJAX in the stadium. Johan Cruyff Arena , the main stadium in the Dutch capital and home of AFC AJAX and Netherlands national football team in Amsterdam, Netherlands. The stadium was formerly named Amsterdam Arena but renamed in April 2018 in memory of Ajax legend Johan Cruyff. The capacity of the stadium is 55.000 for football games and 68.000 for concerts. It has a retractable roof and solar panels, photovoltaic sun collectors on the roof. The stadium is a 4 star, rated by UEFA. It is owned by Gemeente Amsterdam
Stadion N.V.. Amsterdam, Netherland - August 13, 2019 (Photo by Nicolas Economou/NurPhoto via Getty Images)
Logo Ajax Amsterdam. Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto
Jakarta -

Ajax Amsterdam boleh dikatakan sebagai salah satu pemenang di bursa transfer musim panas yang baru saja berakhir. Juara bertahan Liga Belanda itu mendapat pemasukan dua kali lipat lebih banyak dari yang mereka habiskan untuk perekrutan pemain.

Sudah puluhan tahun lamanya Ajax dikenal tak hanya sebagai salah satu tim tangguh di Eropa, namun juga 'penyuplai' pemain-pemain bertalenta ke berbagai klub besar Eropa. Skuad mereka kerap dipreteli oleh klub-klub kaya Eropa, termasuk di musim panas ini.

Namun dari situ, Ajax biasanya mendapat cuan besar dari penjualan pemain. Di musim panas ini saja, mereka setidaknya berhasil mengamankan kesepakatan senilai total 216,52 juta Euro atau sekitar 3,2 triliun Rupiah dari delapan pemain.

Antony menyumbang uang paling besar. Manchester United membelinya seharga 95 juta Euro. Lisandro Martinez dilepas ke klub yang sama seharga 57,37 juta Euro. Sebastien Haller dibeli Borussia Dortmund seharga 31 juta Euro.

Perlu diingat, Ajax juga menyelipkan klausul bonus jika sang pemain berprestasi bersama klub barunya. Jika ditotal, add-ons yang bisa mereka dapatkan di masa depan hampir menyentuh 30 juta Euro.

Dengan pendapatan sebanyak itu, Ajax menghabiskan 100,1 juta Euro (sekitar 1,5 triliun Rupiah) untuk merekrut pemain-pemain anyar. Dua yang paling mahal yaitu Steven Bergwijn (31 juta Euro) dan Calvin Bassey (23 juta Euro).

Jika ditelusuri detikSport, Ajax tak pernah seboros ini selama satu dekade terakhir. Namun ambisi untuk bersaing di kancah Eropa tampaknya membuat mereka rela mengeluarkan uang 'sedikit' lebih banyak dari biasanya.

Ajax sudah 27 tahun tak berjaya di Eropa sejak terakhir kali memenangi Liga Champions 1995. Setelah menjadi tim terkuat di Belanda selama 3-4 tahun terakhir, mereka kelihatannya mencoba kembali 'naik kelas'.

Lagipula, biaya pembelian pemain baru hampir seluruhnya bisa di-cover oleh penjualan Antony seorang. Jadi, aktivitas Ajax di bursa transfer kali ini bisa dibilang sukses, tidak besar pasak daripada tiang.

Saksikan Juga Video Viral: Usia 70 Tahun Bisa Angkat Beban Lebih dari 100 Kg



(adp/mrp)