Prancis Mengalah, Siap Negosiasi Hak Citra dengan Mbappe

ADVERTISEMENT

Prancis Mengalah, Siap Negosiasi Hak Citra dengan Mbappe

Bayu Baskoro - Sepakbola
Selasa, 20 Sep 2022 12:34 WIB
Paris -

Kisruh hak citra antara Kylian Mbappe dan Federasi Sepakbola Prancis (FFF) mulai menemui titik terang. FFF siap bernegosiasi dengan bomber Les Bleus tersebut.

Mbappe sebelumnya dilaporkan menolak berpartisipasi dalam sesi pemotretan komersial Timnas Prancis jelang Piala Dunia 2022. Hal ini berkaitan dengan masalah hak citra bintang Paris Saint-Germain itu.

Mbappe sudah meminta FFF meninjau ulang perjanjian kesepakatan hak citra dirinya di Timnas Prancis. Dia ingin punya suara dalam kegiatan sponsor apa pun yang diikutinya.

Tuntutan itu disuarakan Kylian Mbappe karena merasa gambar dirinya terlalu sering dieksploitasi FFF. Di satu sisi, dia menerima bayaran yang sama dengan pemain-pemain Prancis lainnya terkait hak citra.

Presiden FFF, Noel Le Graet, awalnya menyebut perjanjian hak citra pemain tak bisa diubah hingga Piala Dunia 2022. FFF mulai mempertimbangkan ulang perjanjian setelah Mbappe menolak sesi foto bareng Timnas Prancis.

Dalam pernyataan resminya, FFF bersedia bernegosiasi guna mencari kesepakatan baru hak citra. Kesepakatan baru nantinya mengikutsertakan kepentingan para pemain.

"Setelah diskusi konklusif di hadapan para eksekutif tim Prancis, presiden, pelatih dan manajer pemasaran, Federasi Sepak Bola Prancis berjanji untuk meninjau, sesegera mungkin, perjanjian yang melekat pada hak citra yang mengikat para pemain mereka, begitu isi pernyataan resmi FFF, Selasa (20/9/2022).

"FFF dengan senang hati bekerja pada garis umum dari perjanjian baru yang akan memungkinkannya untuk menjamin kepentingannya dengan mempertimbangkan kekhawatiran dan keyakinan yang sah yang diungkapkan dengan suara bulat oleh para pemainnya," pungkasnya.

(bay/krs)

ADVERTISEMENT