ADVERTISEMENT

Inggris Bapuk Banget di UEFA Nations League

Bayu Baskoro - Sepakbola
Sabtu, 24 Sep 2022 05:20 WIB
MILAN, ITALY - SEPTEMBER 23: Declan Rice of England dejected during the UEFA Nations League League A Group 3 match between Italy and England at San Siro on September 23, 2022 in Milan, Italy. (Photo by James Williamson - AMA/Getty Images)
Timnas Inggris degradasi ke Liga B UEFA Nations League. (Foto: Getty Images/James Williamson - AMA)
Milan -

Performa Timnas Inggris di UEFA Nations League 2022/2023 amat bapuk. Tim Tiga Singa belum pernah menang, tumpul, hingga akhirnya jeblos ke Liga B. Duh!

Inggris tumbang dari Italia dalam matchday lima Liga A Grup C UEFA Nations League, Sabtu (24/9/2022) dini hari WIB. Harry Kane cs menyerah 0-1 via gol Giacomo Raspadori.

Statistik menunjukkan, Inggris unggul atas Italia sepanjang 2x45 menit. Tim tamu menorehkan 14 shoots (4 on target) dan 57 persen penguasaan bola, sedangkan Italia 10 shoots (3 on target) dan menguasai bola 43 persen.

Apa daya, lini depan Inggris tetap kesulitan membongkar pertahanan Italia. Penyelesaian akhir yang buruk, plus ketangguhan Gianluigi Donnarumma di bawah mistar Gli Azzurri, membuat Inggris pulang dengan tangan hampa.

Kekalahan dari Italia menyebabkan Timnas Inggris turun kasta ke Liga B UEFA Nations League musim depan. Ya, Tim Tiga Singa degradasi lantaran mendekam di dasar klasemen Grup C dengan 2 poin dengan satu laga tersisa di fase grup.

Inggris belum pernah menang dari lima pertandingan UEFA Nations League 2022/2023 dan cuma bisa bikin satu gol, serta kebobolan tujuh kali. Satu-satunya gol dicetak Harry Kane dari titik putih saat imbang 1-1 kontra Jerman.

Inggris sudah tak lagi mencetak gol dari permainan terbuka selama 495 menit, atau sejak Maret 2022. Runner-up Piala Eropa 2020 itu bersama San Marino menjadi dua tim yang tumpul tanpa gol open play di UEFA Nations League musim ini.

Kepastian degradasi Timnas Inggris ke Liga B UEFA Nations League disesalkan Declan Rice. Kapten West Ham United tak habis pikir bagaimana timnya bisa tergelincir hingga turun kasta.

"Ini jelas mengecewakan. Kami bertekad untuk menang di setiap turnamen yang kami ikuti. Di Nations League kami telah tergelincir di bawah standar kami, tetapi saya tidak berpikir semuanya buruk malam ini," kata Rice dalam laman resmi UEFA.

"Itu akan datang. Penampilan malam ini jauh lebih baik daripada yang kita lihat di musim panas," sambungnya.

"Bukannya kami tidak menciptakan peluang. Saya melihatnya dalam latihan. Ada gol untuk bersenang-senang. Percayalah, kami akan baik-baik saja," demikian kata Declan Rice.

(bay/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT