Inggris Kalah Lagi, Southgate Ikhlas Dicibir Suporter

ADVERTISEMENT

Inggris Kalah Lagi, Southgate Ikhlas Dicibir Suporter

Adhi Prasetya - Sepakbola
Sabtu, 24 Sep 2022 18:00 WIB
MILAN, ITALY - SEPTEMBER 23:  Gareth Southgate head coach of England and Harry Kane of England during the UEFA Nations League League A Group 3 match between Italy and England at San Siro on September 23, 2022 in Milan, Italy. (Photo by Alessandro Sabattini/Getty Images)
Gareth Southgate (kanan) dan Harry Kane. Foto: Getty Images/Alessandro Sabattini
Milan -

Kekalahan Inggris atas Italia di matchday kelima UEFA Nations League 2022-23 membuat Gareth Southgate dicibir suporter. Ia menerima kritikan tersebut, namun menegaskan secara permainan timnya sudah tampil oke.

Gol tunggal Giacomo Raspadori di menit ke-68 menjadi penentu kemenangan Gli Azzurri atas The Three Lions di San Siro, Sabtu (24/9) dini hari WIB. Hasil itu membuat Harry Maguire dkk sudah kalah tiga kali dalam lima laga terakhir.

Inggris pun menempati posisi juru kunci Grup A3 dengan 2 poin dan dipastikan terdegradasi ke Liga B pada UEFA Nations League edisi berikutnya. Ironisnya, mereka cuma mencetak sebiji gol dalam lima laga, itu pun dari penalti.

Bulan ini merupakan jeda internasional terakhir jelang Piala Dunia 2022. Jika tak bisa meraih kemenangan, maka penampilan Inggris di Qatar nanti dikhawatirkan tak akan lebih baik.

Seusai laga, Southgate pun mendapat cemoohan dari sekitar 4 ribu suporter Inggris yang hadir di Milan. Ini juga menerima perlakuan demikian saat The Three Lions tumbang 0-4 dari Hungaria pada Juni lalu.

"Saya memahami reaksi mereka (suporter) di akhir laga karena hasil-hasil yang kami dapat dalam kompetisi ini. Reaksi emosional itu bisa dimengerti," ujar Southgate, dikutip Mirror.

"Tapi sulit untuk mengkritik performa pemain. Saya pribadi berpikir performa kami ada kemajuan tapi saya paham kemarahan itu karena hasil yang kami dapat, itu bukan reaksi yang datang karena hal lain."

"Reaksi akan dipengaruhi oleh hasil tapi kami tak akan melaju jauh jika tampil seperti malam ini. Saya harus terus meningkatkan performa pemain dan menjaga mereka agar tak terdistraksi," jelas Southgate.

Di laga melawan Italia, Inggris memang tampil dominan jika dilihat dari kacamata luar. Mereka unggul 56,4 persen penguasaan bola, lalu melepaskan 14 tembakan, 4 di antaranya tepat sasaran. Namun kenyataannya hal itu tak bisa memberikan kemenangan.

(adp/nds)

ADVERTISEMENT