Van Dijk Akui Bek Incaran MU Ini Punya Potensi Lampaui Dirinya

ADVERTISEMENT

Van Dijk Akui Bek Incaran MU Ini Punya Potensi Lampaui Dirinya

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Senin, 26 Sep 2022 00:30 WIB
WARSCHAU, POLAND - SEPTEMBER 22: (L-R) Robbert Lewandowski of Poland, Jurrien Timber of Holland  during the  UEFA Nations league match between Poland  v Holland at the PGE Narodowy on September 22, 2022 in Warschau Poland (Photo by Rico Brouwer/Soccrates/Getty Images)
Jurrien Timber (kanan) berduel dengan penyerang Polandia Robert Lewandowski di ajang UEFA Nations League. (Foto: Getty Images/Soccrates Images)
Jakarta -

Virgil van Dijk memuji potensi bek muda Belanda Jurrien Timber. Ia mengakui Timber bahkan lebih baik darinya di usia yang sama.

Timber mulai mendapatkan kepercayaan di Ajax pada musim 2020/2021 dan sejak saat itu terus meningkat grafiknya. Ia dipanggil ke timnas Belanda dan bahkan masuk skuad untuk Piala Eropa 2020.

Baru 21 tahun, Timber kini sudah dipercaya mengawal pertahanan Der Oranje bersama senior-seniornya: Virgil van Dijk dan Nathan Ake. Diperkirakan, ia akan menjadi tumpuan di pertahanan Belanda di masa depan bersama Matthijs de Ligt.

Potensi Timber ini membuatnya musim panas lalu diincar oleh Manchester United, yang kebetulan dilatih oleh Erik ten Hag. Ten Hag sebelumnya menangani Ajax dan tahu betul kualitas Timber.

Namun Timber menolak tawaran MU, diyakini karena mempertimbangkan peluangnya untuk ke Piala Dunia 2022 di Qatar pada November-Desember nanti. Ia enggan pindah ke kompetisi dan negara baru, dengan risiko kesulitan beradaptasi yang akhirnya mengancam posisinya di timnas.

Bek senior sekaligus kapten Belanda Virgil van Dijk turut mengakui kualitas Timber. Membandingkan dengan dirinya di usia yang sama, Van Dijk menyebut juniornya itu lebih baik.

"Saya dulu tak mendekati dia di usia yang sama. Saya enggak punya apapun kecuali pujian untuknya. Dia pemain bagus dan seorang profesional sejati," ucap pemain Liverpool tersebut dilansir Liverpool Echo.

"Dia punya potensi yang begitu besar. Semoga dia bisa berkembang lebih jauh, lalu semuanya akan baik-baik saja, saya rasa," imbuhnya.

(raw/krs)

ADVERTISEMENT