Tiga Blunder Tiga Singa

ADVERTISEMENT

Tiga Blunder Tiga Singa

Yanu Arifin - Sepakbola
Selasa, 27 Sep 2022 13:20 WIB
LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 26: Harry Maguire of England looks dejected during the UEFA Nations League League A Group 3 match between England and Germany at Wembley Stadium on September 26, 2022 in London, England. (Photo by James Gill - Danehouse/Getty Images)
Foto: James Gill - Danehouse/Getty Images
London -

Timnas Inggris bikin banyak kesalahan saat menghadapi Jerman di UEFA Nations League. Tiga blunder berujung gol dilakukan skuad Tiga Singa.

Inggris menjamu Jerman di Stadion Wembley, London, Selasa (27/9/2022) dini hari WIB, dalam pertandingan Grup A3 UEFA Nations League. Laga tuntas dengan skor 3-3.

Tuan rumah sempat menahan Jerman tanpa gol di babak pertama. Di babak kedua, Inggris sempat ketinggalan lebih dulu, setelah Jerman mendapat gol dari Ilkay Guendogan dan Kai Havertz.

Dua gol itu tercipta berkat kesalahan bek Inggris, Harry Maguire. Pemain Manchester United itu menyebabkan gawang timnya bobol.

Pertama, Jerman mendapat gol lewat penalti, usai Maguire melanggar Jamal Musiala di kotak penalti. VAR mengesahkan itu pelanggaran, dan bisa dikonversi menjadi gol oleh Guendogan.

Tak lama berselang, Jerman mendapat gol kedua, juga berawal dari kesalahan Maguire. Pemain 29 tahun itu kehilangan bola di wilayah lawan, yang bisa direbut dan dibangun serangan menjadi gol. Kai Havertz bisa menyelesaikan serangan dengan gol dari luar kotak penalti.

Inggris sempat berbalik memimpin lewat gol Luke Shaw, Mason Mount, serta penalti Harry Kane. Tapi, blunder ketiga dilakukan tuan rumah di menit-menit akhir.

Kiper Nick Pope gagal membendung bola hasil tendangan keras Serge Gnabry dengan baik. Ia gagal menangkapnya, sehingga bola muntahnya bisa disambar Havertz menjadi gol ketiga Jerman. Skor akhir menjadi 3-3.

MAnajer Gareth Southgate merespons performa Inggris usai pertandingan. Ia mengakui kesalahan-kesalahan itu, namun menegaskan dirinya masih melihat semangat tanding yang bagus dari pemainnya.

"Malam ini, beberapa kesalahan membuat kami kebobolan. Tapi, saya fokus pada fakta bahwa mereka bermain dengan semangat yang luar biasa, dan menunjukkan keyakinan yang tak kami punya di beberapa laga terakhir," katanya kepada Channel 4.

"saya pikir penonton melihatnya dan semringah dengan hal itu," ujarnya.

Hasil imbang sendiri tak mengaruhi nasib Timnas Inggris di Grup A3. The Three Lions dipastikan terdegradasi ke Grup B usai menjadi juru kunci, dan Jerman berada di posisi tiga dengan 7 poin, di bawah Italia (11) dan Hongaria (10). Dari grup itu, Italia yang memastikan lolos ke semifinal UEFA Nations League

(yna/raw)

ADVERTISEMENT