ADVERTISEMENT

Timnas Denmark Punya Jersey Baru, Bentuk Protes ke Qatar

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 29 Sep 2022 05:00 WIB
Kopenhagen -

Timnas Denmark baru saja meluncurkan jersey barunya untuk Piala Dunia 2022. Tapi, tersimpan protes untuk Qatar di balik seragam Tim Dinamit itu.

Seperti kebanyakan timnas lainnya, Denmark juga memperkenalkan seragam yang akan digunakan untuk Piala Dunia mendatang. Ada tiga jersey yang akan dibawa Denmark.

Tapi, ada yang berbeda dari jersey Denmark kali ini karena menggunakan tema monokrom alias senada, yakni warna merah untuk kandang, putih untuk tandang, dan hitam untuk seragam ketiganya.

Rupanya ada pesan tersembunyi dari ketiga jersey tersebut. Menurut Hummel, jersey ini dibuat sebagai tanda protes atas pelanggaran HAM yang dilakukan Qatar selama persiapan Piala Dunia.

Salah satu contoh terkait banyaknya pekerja yang meninggal dunia saat membangun infrastruktur dan Qatar seperti menutup mata akan hal itu. Mereka tidak peduli dengan nyawa yang hilang, karena fokus utamanya Piala Dunia 2022 bisa berjalan.

Oleh karenanya, Denmark ingin menunjukkan kepada dunia bahwa FIFA sudah salah besar memilih Qatar sebagai tuan rumah.

"Warna ini melambangkan duka cita," ujar pernyataan Hummel soal jersey ketiga Denmark yang berwarna hitam.

"Ketika kami mendukung Timnas Denmark sepenuhnya, bukan berarti kami mendukung turnamen yang sudah memakan ribuan korban jiwa tersebut.

"Kami tidak ingin terlihat selama turnamen. Kami akan mendukung penuh Timnas Denmark, tapi tidak mendukung Qatar sebagai tuan rumah."

Sebelumnya Denmark bersama sembilan negara Eropa menggulirkan Kampanye One Love selama Piala Dunia 2022. Ini merupakan kampanye melawan diskriminasi dalam bentuk apapun selama Piala Dunia

Denmark bergabung di Grup D bersama juara bertahan Prancis, Tunisia, dan Australia.

(mrp/rin)

ADVERTISEMENT