Beberapa Rekor J1 League yang Sulit Dilewati

ADVERTISEMENT

Beberapa Rekor J1 League yang Sulit Dilewati

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 29 Okt 2022 10:00 WIB
Rekor-rekor J.League yang bakal sulit dipecahkan.
Pencetak gol tercepat sepanjang sejarah J1.League Hisato Sato (dok.J.League)
Tokyo -

Sejak dihelat 1993, J.League sudah melahirkan banyak rekor. Tapi, ada beberapa yang sepertinya sulit dilewati. Berikut lima yang tersulit:

1. Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah

Rekor-rekor J.League yang bakal sulit dipecahkan.Yoshito Okubo Foto: dok.J.League


Yoshito Okubo adalah pemilik catatan gol terbanyak sepanjang sejarah di J1 League. Okubo tercatat mencetak 191 gol dalam 477 laga di level teratas Liga Jepang.

Ia mengawali karier di Cerezo Osaka pada tahun 2001 usai direkrut dari SMA Kunimi. Okubo kemudian bermain di banyak tim J1 League lainnya seperti Vissel kobe, Kawasaki Frontale, F.C.Tokyo, hingga Jubilo Iwata, juga sempat bermain di Eropa bersama Real Mallorca di Liga Spanyol dan VfL Wolfsburg di Liga Jerman.

Okubo berjarak 30 gol di atas pesaing terdekatnya, Hisato Sato, yang kini sudah pensiun dan Shinzo Koroki yang musim ini sudah berusia 36 tahun dan bermain untuk Hokkaido Consadole Sapporo.

Saat ini, hanya tiga pemain aktif di J1 League yang sudah memiliki catatan gol di atas 100, tetapi semuanya masih berjarak sangat jauh dari catatan gol Okubo. Artinya, sepertinya masih lama sampai kita bisa melihat rekor gol Okubo ini dipatahkan oleh pemain lain.

2. Gol Terbanyak dalam Satu musim

Rekor-rekor J.League yang bakal sulit dipecahkan.Masashi Nakayama Foto: dok.J.League


Masashi Nakayama merupakan pemain dengan catatan gol terbanyak dalam satu musim. Ia menjadi top skor J1 League pada tahun 1998 dengan mencetak 36 gol untuk Jubilo Iwata. Catatan ini sepertinya akan sulit dipecahkan dalam waktu dekat.

Setelah Nakayama, hanya ada satu pemain yang pernah mencetak lebih dari 30 gol dalam semusim, yaitu pemain asal Brasil, Araujo, saat mencetak 33 gol untuk Gamba Osaka pada tahun 2005 lalu.

Sisanya, tak ada pemain lain yang bisa mendekati catatan milik Nakayama ini. Jumlah gol Nakayama ini juga membantu Jubilo Iwata mencatat rekor jadi tim yang paling banyak mencetak gol dalam semusim.

Pada musim 1998, Jubilo Iwata mencetak 107 gol dalam semusim dan belum pernah ada yang bisa mencetak sampai 100 gol sejak saat itu.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT