Pemain J.League di Laga Uji Coba Timnas Jepang dalam Kepungan Pemain Eropa

ADVERTISEMENT

Pemain J.League di Laga Uji Coba Timnas Jepang dalam Kepungan Pemain Eropa

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 30 Sep 2022 02:00 WIB
J.League
Ilustrasi (Foto:J.League)
Jakarta -

Para pemain J1 League 2022 ikut serta dalam dua laga uji Timnas Jepang. Sebanyak 8 pemain ikut serta dalam Kirin Challenge Cup 2022, sisanya berkarier di Eropa.

JFA selaku induk organisasi sepakbola Jepang memanfaatkan FIFA Matchday Bulan September untuk menggelar Kirin Challenge Cup. Timnas Jepang melakoni dua laga dalam ajang ini yang semuanya digelar di Merkur Spiel-Arena, Dusseldorf, Jerman.

Ini menjadi laga persahabatan untuk persiapan jelang gelaran Piala Dunia 2022 akhir tahun ini. Timnas Jepang berhasil menang 2-0 melawan Amerika Serikat pada 23 September, kemudian ditahan imbang 0-0 oleh Ekuador empat hari berselang.

Dua laga ini digelar di Jerman karena memang sebagian besar anggota Timnas Jepang asuhan Hajime Moriyasu bermain di liga-liga top Eropa. Meski begitu, dari 30 nama yang dipanggil oleh Moriyasu, ada delapan pemain yang berasal dari tim lokal Jepang alias tim-tim J1 League.

Di pos penjaga gawang ada Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse) dan Kosei Tani (Shonan Bellmare). Di lini belakang, ada empat pemain yang dipanggil: Yuto Nagatomo (F.C.Tokyo), Hiroki Sakai (Urawa Red Diamonds), Miki Yamane (Kawasaki Frontale), dan Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale).

Sementara di lini tengah ada Yuki Soma (Nagoya Grampus), dan dilengkapi Shuto Machino (Shonan Bellmare).

Timnas Jepang Vs Amerika Serikat

Pada laga melawan Amerika Serikat, Jepang menang 2-0 berkat gol yang dicetak oleh Daichi Kamada pada menit ke-24 dan gol Kaoru Mitoma, dua menit sebelum bubaran. Dalam susunan line-up pemain yang diturunkan pelatih Hajime Moriyasu, ada dua pemain yang bermain J1 League sebagai starter dan satu pemain lainnya masuk sebagai pengganti.

Kiper Shimizu S-Pulse, Shuichi Gonda, diturunkan sejak menit awal untuk mengawal gawang Tim Samurai Biru. Namun, dia ditarik keluar saat turun minum karena cedera, digantikan Daniel Schmidt.

Selain itu ada Hiroki Sakai yang mengawal sisi kanan pertahanan Jepang. Pemain Urawa Red Diamonds ini juga tampil satu babak sebelum digantikan Hiroki Ito.

Terakhir ada Shuto Machino. Pemain Shonan Bellmare ini baru masuk pada awal babak kedua menggantikan striker Celtic, Daizen Maeda.

Timnas Jepang Vs Ekuador

Lawan Ekuador, ada empat pemain J.League yang diturunkan oleh Hajime Moriyasu. Tiga pemain tampil sebagai starter: Miki Yamane dan Shogo Taniguchi yang sama-sama membela Kawasaki Frontale, serta Yuto Nagatomo, bek andalan F.C.Tokyo.

Miki Yamane dan Shogo Taniguchi bermain penuh selama 90 menit, tapi tidak dengan Yuto Nagatomo yang ditarik keluar enam menit jelang bubaran digantikan Maya Yoshida. Selain tiga pemain yang turun sebagai starter, terdapat satu pemain lain J1 League yang tampil di babak kedua. Dia adalah pemain tengah Nagoya Grampus, Yuki Soma. Pemain 25 tahun ini masuk pada babak kedua untuk menggantikan Kaoru Mitoma pada menit ke-67.

Rapor pemain J.League di Timnas Jepang untuk FIFA Matchday September 2022:

Kiper
1. Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse) - Main 45 menit lawan Amerika Serikat, tak bisa main lawan Ekuador karena cedera
2. Kosei Tani (Shonan Bellmare) - Tak bermain

Bek
3. Yuto Nagatomo (F.C.Tokyo) - Main 83 menit lawan Ekuador
4. Hiroki Sakai (Urawa Red Diamonds) - Main 45 menit lawan AS
5. Miki Yamane (Kawasaki Frontale) - Main 90 menit lawan Ekuador
6. Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale) - Main 90 menit lawan Ekuador

Tengah

7. Yuki Soma (Nagoya Grampus) - Main 23 menit lawan Ekuador

Depan

8. Shuto Machino (Shonan Bellmare) - Main 45 menit lawan Amerika Serikat.

(aff/ran)

ADVERTISEMENT