6 Pemain J.League di Antara Pasukan Eropa di Timnas Jepang

ADVERTISEMENT

6 Pemain J.League di Antara Pasukan Eropa di Timnas Jepang

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 04 Nov 2022 10:20 WIB
6 Pemain J.League di Skuad Piala Dunia 2022 Timnas Jepang
Enam pemain J.League masuk skuad Timnas Jepang di Piala Dunia 2022 (dok.J.League)
Tokyo -

Ada enam pemain dari J.League yang masuk skuad Timnas Jepang di Piala Dunia 2022. Siapa saja?

Dari 26 nama yang dipanggil, 20 pemain berasal dari tim-tim yang berlaga di Eropa. Meski begitu, bukan berarti Samurai Biru tak memiliki kekuatan dari dalam negeri sendiri.

Enam dari 26 pemain Timnas Jepang yang dipanggil berasal dari J1 League alias Liga Jepang. Meski banyak memiliki pemain bagus di Benua Biru, pemain-pemain dari liga lokal tetap mendapat kepercayaan.

Berikut ini adalah enam pemain J.League yang menjadi anggota Samurai Biru:

1. Shuichi Gonda (33 tahun) - Shimizu S-Pulse

6 Pemain J.League di Skuad Piala Dunia 2022 Timnas JepangShuichi Gonda Foto: dok.J.League

Shuichi Gonda adalah kiper utama Timnas Jepang saat ini, selalu menjadi andalan Moriyasu sejak tahun 2019 lalu. Awal musim ini, Gonda dipermanenkan Shimizu S-Pulse dari klub Liga Portugal, Portimonense, usai musim lalu bermain di Shimizu sebagai pemain pinjaman.

Hingga pekan ke-33 J1 League, Gonda hanya absen sekali dan bermain 32 kali, kebobolan 45 gol, dan mencatat tujuh kali nirbobol. Gonda menjadi kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak di J1 League musim ini dengan 108 kali penyelamatan, unggul atas pesaing terdekat kiper Jubilo Iwata, Ryuki Miura, yang mencatat 91 kali penyelamatan.

2. Yuto Nagatomo (36 tahun) - F.C.Tokyo

6 Pemain J.League di Skuad Piala Dunia 2022 Timnas JepangYuto Nagatomo (jersey putih) Foto: dok.J.League

Setelah melanglang buana Eropa selama satu dekade, Yuto Nagatomo kembali ke Liga Jepang dan bergabung dengan F.C.Tokyo mulai pertengahan musim lalu. Nagatomo kini menjadi pemain dengan caps terbanyak di Timnas Jepang saat ini, memiliki 137 penampilan bersama Samurai Biru sejak debut pada tahun 2008 lalu.

Hingga saat ini, Nagatomo masih menjadi andalan Moriyasu di pos bek kiri Timnas Jepang. Musim ini di J1 League, Nagatomo bermain 29 kali untuk F.C.Tokyo dan menjadi kunci klub untuk bisa bersaing di papan atas klasemen.

3. Hiroki Sakai (32 tahun) - Urawa Red Diamonds

6 Pemain J.League di Skuad Piala Dunia 2022 Timnas JepangHiroki Sakai Foto: dok.J.League

Sama seperti Nagatomo, Sakai kembali ke Jepang pertengahan musim lalu usai petualangan 12 tahun di Eropa. Jika tak mengalami cedera, Sakai juga masih menjadi andalan Moriyasu di pos bek kanan Timnas Jepang.

Ia sudah mengoleksi 71 caps bersama Samurai Biru. Di Liga Jepang musim ini, Sakai bermain 20 kali untuk Urawa Reds dan sempat mendapatkan cedera metatarsal yang memaksanya absen hingga dua bulan.



Simak Video "Pemain Jepang Takuma Asano Disebut Netizen Mirip Komika David Nurbianto"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT