Federasi Denmark Beneran Mau Tinggalkan FIFA?

ADVERTISEMENT

Federasi Denmark Beneran Mau Tinggalkan FIFA?

Yanu Arifin - Sepakbola
Sabtu, 26 Nov 2022 07:40 WIB
Denmark supporters, wearing the jersey of Christian Eriksen, are pictured ahead of the UEFA EURO 2020 Group B football match between Denmark and Belgium in Copenhagen on June 17, 2021. (Photo by Jonathan NACKSTRAND / AFP) (Photo by JONATHAN NACKSTRAND/AFP via Getty Images)
Foto: JONATHAN NACKSTRAND/AFP via Getty Images
Jakarta -

Federasi Sepakbola Denmark (DBU) dikabarkan akan meninggalkan FIFA, sebagai sikap protes sepanjang Piala Dunia 2022. Kabar itu segera diluruskan

Denmark menjadi salah satu peserta yang geram dengan FIFA, atas kebijakannya selama Piala Dunia 2022 di Qatar. Induk federasi sepakbola dunia itu dianggap mengabaikan prinsip Hak Asasi Manusia.

Puncaknya, Denmark begitu kesal dengan sikap FIFA yang melarang peserta Piala Dunia 2022 mengenakan ban kapten One Love. Ban kapten sebagai bentuk dukungan kepada kelompok LGBT itu dilarang dipakai selama di Qatar.

Atas perlakuan itu, Federasi Sepakbola Denmark (DBU) kabarnya ingin meninggalkan FIFA, dan akan membahasnya dengan federasi lainnya. Presidennya, Jesper Moller, siap berunding dengan federasi lain untuk membahas langkah hukum.

Hal itu kemudian diluruskan. Kepala Komunikasi DBU, Jakob Hoejer, menyebut beberapa media membuat kesalahpahaman.

"Beberapa media membuat kesalahpahaman bahwa DBU akan mundur dari FIFA," kata Hoejer kepada Reuters.

"Bukan itu yang dikatakan di konferensi pers. Kami kritis, tidak puas, dan tidak mendukung Presiden FIFA untuk saat ini."

"Kami akan membahas langkah lebih lanjut dengan federasi Nordic lainnya dan kolega Eropa kami," ungkap juru bicara Federasi Sepakbola Denmark itu.

(yna/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT