Inggris Buntu Lawan AS, Southgate Kok Enggak Mainkan Foden?

ADVERTISEMENT

Inggris Buntu Lawan AS, Southgate Kok Enggak Mainkan Foden?

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Minggu, 27 Nov 2022 00:29 WIB
AL KHOR, QATAR - NOVEMBER 25: Phil Foden of England looks on from the bench during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group B match between England and USA at Al Bayt Stadium on November 25, 2022 in Al Khor, Qatar. (Photo by Ryan Pierse/Getty Images)
Keputusan Gareth Southgate tak mainkan Phil Foden lawan Amerika Serikat dipertanyakan. (Foto: Getty Images/Ryan Pierse)
Jakarta -

Inggris buntu melawan Amerika Serikat dan harus puas dengan hasil imbang tanpa gol. Keputusan Gareth Southgate enggak menurunkan Phil Foden dipertanyakan.

Laga Inggris vs Amerika Serikat pada lanjutan Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Sabtu (26/11/2022) dini hari WIB berakhir 0-0. Pertandingan berjalan alot dan relatif minim peluang bersih.

AS bisa dibilang punya peluang yang paling mendekati gol, ketika sepakan Christian Pulisic menerpa mistar gawang. Inggris lebih dominan dalam penguasaan bola, akan tetapi AS bermain disiplin untuk meredam mereka.

Total hanya ada empat peluang on target di pertandingan ini, dengan Inggris mencatatkan tiga kesempatan. Manajer Inggris Gareth Southgate merespons kebuntuan timnya dengan memasukkan Jack Grealish, Jordan Henderson, dan Marcus Rashford.

Langkah ini dipertanyakan sejumlah mantan pemain timnas Inggris seperti Alan Shearer dan Micah Richards. Mereka sama-sama heran dengan langkah Southgate tak memasukkan Phil Foden, yang semestinya bisa memberikan kreativitas ke tim.

"Kita bicara soal kreativitas, siapa pemain pertama yang muncul di pikiran? Ya Foden. Mount enggak menampilkan permainan terbaiknya dan saya enggak mau menyalahkan dia, tapi itu laga di mana kita enggak bisa melakukan sirkulasi bola dengan baik dan mengoper dengan cukup cepat," kata Richards dikutip BBC.

"Dan kita memarkir salah satu talenta terbaik di bangku cadangan. Saya enggak paham. Ini bukan soal satu pemain membuat perbedaan ya, tapi berapa kali kita melihatnya, dari pekan ke pekan, masuk ke kantung-kantung kecil di lapangan dan menghadirkan sesuatu dari yang nihil."

"Buat dia enggak masuk ke lapangan itu sebuah kesalahan besar," imbuhnya.

Meski hanya berimbang dengan AS, Inggris masih memimpin Grup B Piala Dunia 2022 dengan empat poin. Iran menyusul di posisi dua dengan tiga poin, lalu berturut-turut AS (2) dan Wales (1).



Simak Video "Final Piala Dunia 2022, Rian d'Masiv: Ronaldo Gagal, Messi Juga!"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT