Wales Vs Inggris: Piala Dunia 2022 Rasa Premier League

ADVERTISEMENT

Laporan dari Qatar Bersama Es Krim Aice

Wales Vs Inggris: Piala Dunia 2022 Rasa Premier League

Lucas Aditya - Sepakbola
Rabu, 30 Nov 2022 15:15 WIB
Wales vs Inggris
Foto: Lucas Aditya/detikSport
Doha -

Salah satu laga terakhir Grup B Piala Dunia 2022 mempertemukan Timnas Inggris dengan Timnas Wales. The Three Lions vs The Dragons terasa layaknya laga Premier League

Dalam pertandingan di Ahmad bin Ali Stadium, Selasa (29/11/2022) malam waktu setempat, Inggris memetik kemenangan 3-0 atas Wales. Marcus Rashford mengemas dua gol. Sementara itu Phil Foden mencatatkan satu gol.

Dengan hasil ini, Inggris lolos fase grup dengan raihan angka tujuh poin. Tim asuhan Gareth Southgate memuncaki klasemen Grup B. Sementara itu, Wales terhenti di babak fase grup. Gareth Bale cs cuma bisa mengumpulkan satu poin hasil dari tiga kali bertanding.

Harry Kane Mandul di Fase Grup

Inggris sudah mencetak sebanyak sembilan gol pada fase grup Piala Dunia 2022. Gol-gol itu dicatatkan oleh enam nama. Marcus Rashford menjadi pemain paling subur dengan tiga gol yang dibikin, Bukayo Saka sudah mengemas dua gol.

Sementara itu, Jude Bellingham, Jack Grealish, Raheem Sterling, dan Phil Foden sama-sama mengemas satu gol. Kane? Dia belum mencatatkan gol. Sejauh ini, kontribusi Kane berupa tiga assist.

Pemain berusia 29 tahun itu sudah membukukan rata-rata sebanyak 1,3 tembakan di setiap pertandingan, 1,3 umpan kunci, dan 0,7 kali melakukan dribble sukses.

Dengan catatan 12 gol yang sudah dibikin Kane di Liga Inggris pada musim ini, wajar kalau ada ekspektasi tinggi dia bisa menjadi sumber gol utama Inggris.

Atmosfer Derby di Tribune

Saya mendapatkan tempat duduk cukup oke untuk Wales vs Inggris. Tidak terlalu atas, di tengah. Posisi duduk saya tepatnya di blok 342, row L, seat 9.

Sisi itu bukan spesifik untuk pemain pendukung tim Inggris atau Wales. Sini ini bercampur antara pendukung kedua tim.

Sebelum laga dimulai, ada salah seorang pendukung Inggris yang sudah sangat aktif. Bernyanyi, naik ke kursi, bahkan sampai terjatuh ke belakang. Saya sampai mengira bahwa dia mabuk.

Petugas keamanan sampai memberi kode ke pendukung Inggris itu kalau dia terus diawasi. Puncaknya, saat ada komplain dari pendukung Wales paruh baya di belakangnya. Pria dengan seragam merah The Dragons itu berteriak, 'singkirkan si bodoh ini dari sini'.

Teriakan itu mendapatkan respons dari petugas keamanan. Penonton Inggris yang aktif sedari awal laga itu diminta diam. Rekan wanita pendukung Inggris itu juga komplain. "Nonton bola kan bisa berekspresi. Masa nonton bola harus diam saja duduk di bangku." kata dia berargumen pada petugas.

Setelah jeda, para pendukung Inggris itu meninggalkan tempat duduknya. Mereka tak kembali sampai laga selesai.

Sementara itu, pendukung Inggris di belakang gawang selatan stadion bertukar chant dengan pendukung Wales di posisi belakang gawang Utara.

Laga Rasa Premier League

Bagaimana tidak terasa seakan menyaksikan laga Premier League? Nama-nama yang disebutkan oleh announcer biasa dilihat dalam laga-laga Premier League. Di Timnas Inggris, cuma Jude Bellingham yang berasal dari luar Liga Inggris, Borussia Dortmund.

Sementara bintang-bintang Wales juga sangat akrab dengan Premier League. Aaron Ramsey, Gareth Bale, sampai Joe Allen merupakan orang-orang yang lama menghabiskan masa kariernya di Liga Inggris.

Selain itu, masih ada Daniel James, Kieffer Moore, dan Brennan Johnson. Semuanya berkiprah di Premier League musim ini.

Chant-chant yang dinyanyikan juga sangat terasa Liga Inggris banget. Tapi, teriakan pendukung Inggris lebih kencang dalam laga semalam. Tiga gol berhasil disarangkan oleh pemain-pemain Tiga Singa.

Wales gagal lolos ke babak berikutnya. Selain itu, mereka menjadi juru kunci Grup B. Inggris menjadi juara grup. Akan berhadapan dengan Senegal pada fase 16 besar Piala Dunia 2022.

(cas/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT