Gol Griezmann Dianulir, Prancis Mengadu ke FIFA

ADVERTISEMENT

Gol Griezmann Dianulir, Prancis Mengadu ke FIFA

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Kamis, 01 Des 2022 10:40 WIB
New Zealander referee Matthew Conger disallows a goal from Frances forward #07 Antoine Griezmann after a VAR review during the Qatar 2022 World Cup Group D football match between Tunisia and France at the Education City Stadium in Al-Rayyan, west of Doha on November 30, 2022. (Photo by Anne-Christine POUJOULAT / AFP) (Photo by ANNE-CHRISTINE POUJOULAT/AFP via Getty Images)
Gol Antoine Griezmann ke gawang Tunisia dianulir wasit (Foto: AFP via Getty Images/ANNE-CHRISTINE POUJOULAT)
Jakarta -

Prancis mengajukan keluhan ke FIFA atas gol Antoine Griezmann yang dianulir ke gawang Tunisia. Prancis menilai keputusan wasit menganulir gol tersebut salah.

Prancis menghadapi Tunisia di laga terakhir Grup D Piala Dunia 2022. Bertanding di Education City Stadium, Rabu (30/11/2022) malam WIB, Les Bleus secara mengejutkan kalah 0-1.

Tunisia mencetak gol lewat Wahbi Khazri pada menit ke-58. Griezmann sempat membobol gawang Tunisia pada menit kedelapan injury time untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Wasit Michael Conger sempat mengesahkan gol tersebut dan permainan kembali dimulai sebelum meniup peluit tanda pertandingan usai. Namun, ketika laga sudah berakhir, wasit mendapat sinyal dari ruang VAR untuk mengecek gol Griezmann.

Pada akhirnya, wasit memutuskan untuk menganulir gol Griezmann. Pemain Atletico Madrid itu dinilai berada dalam posisi offside saat Aurelien Tchouameni mengirim umpan ke kotak penalti.

Federasi Sepakbola Prancis (FFF) meyakini wasit dan VAR melakukan kesalahan. Oleh karena itu, mereka mengajukan keluhan ke FIFA.

"Kami menulis keluhan setelah gol Antoine Griezmann, menurut kami, dianulir secara keliru. Keluhan ini harus diajukan dalam 24 jam setelah peluit akhir," FFF menulis dalam pernyataannya seperti dilansir ESPN.

Law 1.10 soal VAR dari IFAB (International Football Association Board) menyatakan bahwa jika permainan sudah dimulai kembali, VAR tidak bisa mengintervensi. Maka, menurut aturan permainan, wasit seharusnya tidak diperbolehkan mengecek gol.

FFF sudah mengirim pernyataan mereka ke FIFA agar mengembalikan gol Griezmann dan memberi Prancis hasil seri 1-1. Andai keluhan tersebut dikabulkan, perolehan poin Prancis dan Tunisia di Grup D akan berubah meski tidak mempengaruhi posisi akhir negara-negara di grup tersebut.

Prancis lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status sebagai juara grup. Australia menyusul sebagai runner-up, diikuti oleh Tunisia dan Denmark.

(nds/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT