Spanyol Legowo Terima Gol Kontroversial Jepang

ADVERTISEMENT

Spanyol Legowo Terima Gol Kontroversial Jepang

Afif Farhan - Sepakbola
Jumat, 02 Des 2022 08:40 WIB
Doha -

Jepang kalahkan Spanyol 2-1 di Piala Dunia 2022. Meski gol kedua Samurai Biru berbau kontroversial, pelatih Luis Enrique menghormati keputusan wasit.

Jepang vs Spanyol digelar di Khalifa Stadium, Doha, Jumat (2/12) dini hari WIB dalam matchday terakhir Grup E Piala Dunia 2022. Jepang mampu membalikkan prediksi!

Alvaro Morata bawa Spanyol mantap memimpin di menit ke-11. Di awal babak kedua, dua gol yang dicetak Ritsu Doan dan Ao Tanaka selang tiga menit (menit 48 ke menit 51), kunci kemenangan Samurai Biru 2-1.

Spanyol sejatinya mendominasi laga. Tim matador menangi penguasaan bola 83 persen berbanding 17 persen.

Spanyol juga punya lima tembakan ke gawang berbanding tiga. Namun apa daya, gol kedua Jepang yang berbau kontroversi jadi cerita tersendiri.

DOHA, QATAR - DECEMBER 01: Kaoru Mitoma of Japan keeps the ball in play and crosses to Ao Tanaka of Japan who scores a goal to make it 2-1 during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group E match between Japan and Spain at Khalifa International Stadium on December 1, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by James Williamson - AMA/Getty Images)Bola yang terlihat seperti sudah out sebelum gol kedua Jepang (Foto: Getty Images)

Ketika Jepang lakukan situasi serangan balik, Doan mengirim bola mendatar dari sisi kiri gawang Spanyol ke seberang.

Kaoru Mitoma mengejarnya, lalu mengirim umpan ke depan gawang. Ao Tanaka tanpa cela menuntaskannya.

Nah masalahnya, bola yang disepak Mitoma terlihat sudah keluar. Meski begitu, wasit Victor Gomez sudah mengecek VAR dan mengesahkan gol tersebut.

FIFA pun melansir kalau kelengkungan bola belum sepenuhnya keluar dalam garis. Tayangan ulang di televisi disebut tidak menampilkan tiap sudut secara utuh.

Pelatih Spanyol, Luis Enrique melihat lagi tayangan ulangnya di sesi jumpa pers. Seperti dilansir BBC, Enrique juga merasa seperti ada kesalahan tapi dirinya menerima keputusan sang pengadil lapangan.

"Saya melihat gambar-gambar itu, pasti ada yang salah atau seperti dibuat-buat," ujarnya.

"Saya tidak bisa berkata apa-apa. Saya sangat menghormati (keputusan wasit-red). Saya tahu sesuatu akan terjadi karena VAR memakan waktu yang lama," sambungnya.

Spanyol selanjutnya akan hadapi Maroko pada 6 Desember mendatang di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

(aff/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT