Pelatih Portugal: Ronaldo Mungkin Absen Melawan Korsel

ADVERTISEMENT

Pelatih Portugal: Ronaldo Mungkin Absen Melawan Korsel

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 02 Des 2022 09:30 WIB
Doha -

Portugal sudah dipastikan lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Ghana dan Uruguay. Menghadapi Korea Selatan di laga terakhir Grup H, ada kemungkinan Cristiano Ronaldo akan ditepikan.

Hal itu disampaikan pelatih Portugal, Fernando Santos dalam jumpa pers jelang melawan Korsel. Mengingat laga tersebut sudah tak begitu krusial untuk Selecao das Quinas, Ronaldo bisa saja disimpan agar kondisinya lebih fit di fase gugur.

"Apakah dia (Ronaldo) akan bermain? Peluangnya 50-50, kita akan lihat nanti. Itu tergantung dari hasil latihannya hari ini, apakah kondisinya bagus (atau tidak).... kami sudah menyiapkan rencana jka dia tak main" ujar Santos, dikutip ESPN.

Simak kumpulan informasi Piala Dunia 2022 di sini!

Portugal kemungkinan besar akan merotasi skuadnya di laga melawan Korsel. Hal ini untuk mengurangi beban kerja para pemain utama yang sudah tampil habis-habisan di dua laga sebelumnya.

Selain itu, perlu diingat pula bahwa saat ini ada tiga pemain Portugal yang cedera, yakni Nuno Mendes, Danilo Pereira, dan Otavio. Oleh sebab itu, untuk menghindari badai cedera lebih lanjut, rotasi perlu dilakukan oleh Santos.

"Saya percaya dengan semua pemain saya, sekarang saya sudah kehilangan tiga pemain, mari kita lihat pemain yang lain," lanjut Santos.

"Bermain setiap empat hari itu berat, para pemain kelelahan, yang bisa berujung stres dan akhirnya cedera. Menang dan memuncaki grup ini sangat krusial karena kami jadi punya libur tambahan untuk memulihkan kondisi pemain secara maksimal," jelasnya.

Portugal hanya butuh hasil imbang melawan Korsel untuk memastikan diri sebagai juara grup. Kalaupun kalah, mereka masih bisa ada di puncak jika Ghana gagal mengalahkan Uruguay.

Jika Portugal kalah dan Ghana menang, maka posisi juara grup akan dilihat dari selisih gol di klasemen akhir.

(adp/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT