Giroud Lewati Henry di Daftar Top Skor Prancis

ADVERTISEMENT

Giroud Lewati Henry di Daftar Top Skor Prancis

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Senin, 05 Des 2022 01:00 WIB
DOHA, QATAR - DECEMBER 04: Olivier Giroud of France celebrates after the goal during the FIFA World Cup Qatar 2022 Round of 16 match between France and Poland at Al Thumama Stadium in Doha, Qatar on December 04, 2022. (Photo by Mustafa Yalcin/Anadolu Agency via Getty Images)
Olivier Giroud jadi top skor timnas Prancis. (Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency)
Jakarta -

Olivier Giroud sah menjadi top skor Prancis, melewati rekor milik Thierry Henry. Golnya ke gawang Polandia mengantarnya memimpin daftar pencetak gol timnas.

Olivier Giroud kembali diandalkan sebagai starter, kala Prancis menghadapi Polandia di Al Thumama Stadium, Minggu (4/12/2022) malam WIB, dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2022. Prancis menang 3-1 dan memastikan tiket perempatfinal.

Giroud membawa Prancis memimpin pada menit ke-44, usai menuntaskan umpan dari Kylian Mbappe. Mbappe kemudian bikin dua gol pada menit ke-74 dan 91, sementara Polandia membalas lewat eksekusi penalti Robert Lewandowski.

Satu gol ini mengantarkan Giroud menjadi top skor Prancis dengan torehan 52 gol. Ia melewati catatan Thierry Henry yang membukukan 51 gol sepanjang kariernya bersama Les Bleus.

Giroud mengukir catatan itu dengan 116 pertandingan saja, sementara Henry butuh 123 laga untuk membuat 51 gol. Secara rasio, Giroud punya rata-rata 0,44 gol per penampilan berbanding 0,41 milik Henry.

Catatan Giroud ini mungkin akan bertahan selama beberapa waktu. Pesaing terdekatnya saat ini adalah Antoine Griezmann dengan 42 gol, lalu Karim Benzema (37 gol) dan Mbappe (33 gol).

Mempertimbangkan faktor usia, Griezmann (31) paling berpotensi menyusul kemudian Mbappe (23). Sementara Benzema yang sudah 34 tahun punya tugas berat dan kesempatan yang sulit untuk mengejar rekor itu.

Simak Video 'Babat Polandia 3-1, Prancis Melaju ke Perempatfinal':

[Gambas:Video 20detik]



(raw/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT