Rapor Wakil Asia di Piala Dunia: Menggebrak di Awal, Rontok Kemudian

ADVERTISEMENT

Rapor Wakil Asia di Piala Dunia: Menggebrak di Awal, Rontok Kemudian

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 06 Des 2022 16:41 WIB
Soccer Football - FIFA World Cup Qatar 2022 - Round of 16 - Japan v Croatia - Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Qatar - December 5, 2022 Japans Maya Yoshida and teammates look dejected after the penalty shootout as Japan are eliminated from the World Cup REUTERS/Dylan Martinez
Jepang tersingkir di 16 besar Piala Dunia 2022 usai kalah adu penalti melawan Kroasia. Foto: Reuters/Dylan Martinez
Jakarta -

Kecuali Qatar, seluruh wakil Asia di Piala Dunia 2022 sempat memberikan gebrakan di fase grup. Namun seiring turnamen berjalan, satu per satu rontok dan kini habis tak bersisa.

Iran, Australia, Arab Saudi, Jepang, dan Korea Selatan merupakan negara-negara AFC yang lolos ke Piala Dunia 2022 lewat jalur kualifikasi dan menemani Qatar selaku tuan rumah. Enam negara itu tak diunggulkan untuk sekadar lolos ke 16 besar.

Maklum, semuanya tergabung dalam grup yang berat. Jepang segrup dengan Jerman, Kosta Rika, dan Spanyol, sedangkan Australia segrup dengan Prancis, Tunisia, dan Denmark. Lalu di grup Korea Selatan ada Portugal, Ghana dan Uruguay.

LUSAIL CITY, QATAR - NOVEMBER 22: Salem Al-Dawsari of Saudi Arabia celebrates after scoring his teams second goal during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group C match between Argentina and Saudi Arabia at Lusail Stadium on November 22, 2022 in Lusail City, Qatar. (Photo by Ian MacNicol/Getty Images)Kemenangan Arab Saudi atas Argentina sempat mengguncang dunia sepakbola. Foto: Getty Images/Ian MacNicol

Selanjutnya Arab Saudi tergabung bersama Argentina, Meksiko, dan Polandia. Kemudian Iran ditantang Inggris, Wales, dan Amerika Serikat. Qatar selaku tuan rumah segrup dengan Belanda, Senegal, dan Ekuador.

Di antara enam negara tersebut, Qatar yang jeblok. Mereka kalah tiga kali beruntun dan hanya mencetak satu gol. Itu juga menjadi catatan terburuk yang pernah dialami tuan rumah dalam 92 tahun sejarah Piala Dunia.

Namun siapa sangka, sejumlah 'kejutan' terjadi di grup lain. Arab Saudi mengalahkan Argentina 2-1 dan Iran menekuk Wales 2-0. Meski keduanya tersingkir, namun mereka mampu bertarung hingga laga terakhir untuk mengejar tiket ke 16 besar.

AL WAKRAH, QATAR - NOVEMBER 30: Australia players celebrate their 1-0 victory in during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group D match between Australia and Denmark at Al Janoub Stadium on November 30, 2022 in Al Wakrah, Qatar. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)Siapa sangka, Australia bisa menyingkirkan Denmark yang berstatus semifinalis Euro 2020. Foto: Getty Images/Dean Mouhtaropoulos

Hal itu membuat upaya Arab Saudi dan Iran mendapat apresiasi masyarakat. Maklum, selama ini negara Asia lebih dekat dengan status bulan-bulanan.

Sementara itu, Jepang, Australia, dan Korsel berhasil melaju ke 16 besar, membuat Asia untuk kali pertama mengirim tiga wakil ke fase gugur. Cara mereka lolos pun terbilang luar biasa.

Jepang menekuk Jerman dan Spanyol untuk menjadi juara Grup E. Meski disikat Prancis, Australia mampu menumbangkan Tunisia dan Denmark untuk finis sebagai runner-up Grup D. Kemenangan Korsel atas Portugal di laga terakhir Grup H membuat mereka menyingkirkan Uruguay lewat produktivitas gol.

Simak kumpulan informasi Piala Dunia 2022 di sini!

Hanya saja, tak ada dari tiga negara tersebut yang mampu melangkah ke perempatfinal. Jepang bisa menahan Kroasia selama 120 menit, namun terlihat tak siap dalam adu penalti dan kalah tragis.

Australia telat panas dan tak punya cukup waktu untuk mengejar ketinggalan dari Argentina. Sedangkan Korsel diobok-obok Brasil hingga kebobolan empat gol dalam satu babak. Habislah sudah perjalanan dan 'kejutan' wakil-wakil Asia.

Kisah di atas menunjukkan bahwa negara-negara AFC belum bisa berbicara banyak, apalagi mengejar mimpi menjadi juara dunia. Rasanya, itu belum akan dicapai dalam waktu dekat. Masih banyak celah untuk dibenahi.

DOHA, QATAR - DECEMBER 05:  A dejected Son Heung-Min of Korea Republic reacts at full time during the FIFA World Cup Qatar 2022 Round of 16 match between Brazil and South Korea at Stadium 974 on December 5, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by James Williamson - AMA/Getty Images)Korea Selatan tampil gigih saat mengalahkan Portugal, tapi tak berdaya di hadapan Brasil. Foto: Getty Images

Namun hasil-hasil yang diraih di fase grup menunjukkan bahwa jurang kualitas tidaklah selebar yang dikira. Bisa memulangkan negara-negara tradisional macam Jerman, Uruguay, dan Denmark adalah sebuah capaian luar biasa.

Wakil-wakil Asia membuktikan punya modal untuk berbicara di masa depan. Asal konsisten, masyarakat sepakbola benua kuning sudah bergerak maju ke arah yang benar, mengejar ketinggalan. Semoga Indonesia tidak tercecer dari rombongan tersebut.

(adp/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT