Luis Enrique Mundur dari Timnas Spanyol

ADVERTISEMENT

Luis Enrique Mundur dari Timnas Spanyol

Yanu Arifin - Sepakbola
Kamis, 08 Des 2022 18:59 WIB
AL RAYYAN, QATAR - DECEMBER 06: Luis Enrique the head coach / manager of Spain during the FIFA World Cup Qatar 2022 Round of 16 match between Morocco and Spain at Education City Stadium on December 6, 2022 in Al Rayyan, Qatar. (Photo by James Williamson - AMA/Getty Images)
Luis Enrique mundur dari kursi pelatih Timnas Spanyol. (Foto: Getty Images/James Williamson - AMA)
Madrid -

Hasil mengecewakan di Piala Dunia 2022 membuat Luis Enrique kehilangan posisinya di Timnas Spanyol. Pria berusia 52 tahun itu mundur.

"RFEF ingin mengucapkan terima kasih ke Luis Enrique dan staf pelatinya yang memimpin Timnas Spanyol dalam beberapa tahun terakhir," tulis pernyataan RFEF di situs resminya.

"RFEF dengan penuh semangat mendoakan yang terbaik untuk Luis Enrique dan timnya dalam proyek profesional mereka di masa depan. Pelatih mendapatkan cinta dan kekaguman dari rekan-rekannya di tim nasional dan seluruh Federasi, yang akan selalu menjadi rumahnya," tutup pernyataan RFEF.

Keputusan ini diambil Enrique dan disetujui RFEF, sehari setelah Spanyol tersingkir dari Piala Dunia 2022. La Furia Roja didepak Maroko di babak 16 besar.

Maju ke fase grup sebagai runner up di bawah Jepang, Spanyol tak bisa mengatasi perlawanan Maroko. Alvaro Morata dkk dikalahkan adu penalti 0-3, usai berimbang 0-0 selama 120 menit.

Luis Enrique sendiri melatih Timnas Spanyol sejak 2018, sempat vakum setahun, kemudian lanjut pada 2019 dan membawa Tim Matador menjadi runner up UEFA Nations League. Bersamanya, Timnas Spanyol meraih 26 kemenangan, 14 kali imbang, dan 7 kali kalah dari 47 pertandingan.

(yna/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT