Spanyol Langsung Tunjuk Pelatih Baru, Siapa Dia?

ADVERTISEMENT

Spanyol Langsung Tunjuk Pelatih Baru, Siapa Dia?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 08 Des 2022 20:25 WIB
SEVILLE, SPAIN - NOVEMBER 18: Luis de la Fuente, manager of Spain looks on during an International Friendly Match between Spain U21 and Japan U21 at Estadio de La Cartuja on November 18, 2022 in Seville, Spain. (Photo by Fran Santiago/Getty Images)
Luis de la Fuente jadi pelatih baru Timnas Spanyol (Getty Images/Fran Santiago)
Madrid -

Spanyol tak butuh waktu lama untuk menunjuk pengganti Luis Enrique. Posisi pelatih La Furia Roja kini dipegang Luis de la Fuente.

Enrique sebelumnya diberhentikan karena performa buruk Spanyol di Piala Dunia 2022. Juara dunia 2010 itu dikalahkan Maroko lewat adu penalti di Babak 16 Besar.

Padahal Spanyol mengawali turnamen dengan impresif lewat kemenangan 7-0 atas Kosta Rika, namun setelahnya diimbangi 1-1- oleh Jerman dan kalah 1-2 dari Jepang.

Kepergian Enrique tak mau diratapi lama-lama oleh Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF). Mereka langsung mengangkat penggantinya, yakni Luis de la Fuente.

"RFEF sudah menunjuk Luis de la Fuente sebagai pelatih timnas yang baru. Direktur Olahraga Jose Francisco Molina yang memilihnya dan akan memberikan laporan kepada Presiden RFEF Luis Rubiales," ujar pernyataan resmi RFEF.

Lalu, siapa Luis de la Fuente? Pria kelahiran 1961 itu sudah bekerja untuk RFEF sebagai pelatih Timnas Spanyol di level usia muda.

De La Fuente memulainya di timnas U-19 pada 2013 hingga 2018, lalu naik ke U-21 pada 2018 hingga 2022. Dia adalah pelatih Spanyol U-23 saat meraih medali perak di cabor sepakbola Olimpiade Tokyo 2020.

Dia pernah menjuarai Piala Eropa U-19 dan U-21 bareng Spanyol. Saat masih jadi pemain, De La Fuente adalah salah satu bintang Athletic Bilbao pada era 80-an, dengan dua gelar LaLiga dan satu Copa del Rey.

Debut De La Fuente adalah saat Spanyol menghadapi Norwegia dan Skotlandia di Kualifikas Euro 2024 Maret tahun depan.

Simak Video: Luis Enrique Mundur dari Spanyol

[Gambas:Video 20detik]




(mrp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT