Head-to-Head Belanda Vs Argentina: De Oranje Dominan!

ADVERTISEMENT

Head-to-Head Belanda Vs Argentina: De Oranje Dominan!

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 09 Des 2022 19:40 WIB
Netherlands coach #00 Louis Van Gaal (2ndR) watches his players taking part in a training session at Qatar University in Doha, on December 8, 2022 on the eve of the Qatar 2022 World Cup quarter final football match between Argentina and Netherlands. (Photo by Alberto PIZZOLI / AFP)
Timnas Belanda unggul head-to-head dari Argentina (AFP/ALBERTO PIZZOLI)
Doha -

Argentina memang diunggulkan untuk mengalahkan Belanda di Perempatfinal Piala Dunia 2022. Tapi, rekor pertemuan kedua tim berkata sebaliknya.

Duel Belanda vs Argentina akan membuka fase delapan besar Piala Dunia 2022, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB. Lusail Iconic stadium akan jadi saksi siapa yang akan tertawa dan menangis di akhir nanti.

Pertemuan kedua raksasa ini bisa dibilang bakal berjalan sengit mengingat kualitas pemain yang dimiliki Argentina dan Belanda.

Meski boleh dibilang, Argentina lebih diunggulkan untuk menang karena punya Lionel Messi. Namun, bukan berarti Belanda harus berkecil hati.

Sebab dari sejarah pertemuan kedua tim, Belanda dominan betul atas Argentina. Dari sembilan pertemuan di seluruh ajang, Belanda unggul dengan empat kemenangan, empat seri, dan satu kalah.

Sayangnya, kekalahan itu paling menyakitkan karena terjadi di final Piala Dunia 1978 kala Belanda diperkuat Johan Cruyff. Pada pertemuan terakhir di semifinal 2014, Belanda takluk lewat adu penalti.

Kebetulan Belanda dan Argentina memang musuh bebuyutan di Piala Dunia karena sudah enam kali bertemu, cuma kalah dari laga Brasil vs Swedia (7x) dan Argentina vs Jerman (7x).

Sudah begitu, Belanda biasanya selalu melaju semifinal setiap mereka mencapai perempatfinal, yakni di 1998, 2010, dan 2014. Kekalahan di laga perempatfinal terakhir terjadi pada 1994 saat takluk dari Brasil yang kemudian jadi juara.

Dengan situasi seperti ini, Belanda jelas punya harapan untuk menang meski publik menjagokan sebaliknya. Bisakah Singa Oranye mematahkan prediksi itu? Kita tunggu saja.

Head-to-head Belanda vs Argentina

  • Duel: 9x
  • Menang: 4x
  • Imbang: 4x (dua berujung adu penalti dan kalah)
  • Kalah: 1x
  • Gol Belanda: 22
  • Gol Argentina: 19
(mrp/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT