ADVERTISEMENT

Merawat Cinta ke Timnas Indonesia ala Hooligans

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 08 Agu 2020 11:18 WIB
Hooligans12th - tShirt Kemerdekaan
Kaos #Bangki75epakbolaindonesia, merawat cinta ke Timnas Indonesia ala Hooligans12th (dok. Hooligans)
Bandung -

Ada banyak cara untuk menjaga antusiasme dan kecintaan kepada sepakbola Indonesia. Salah satunya yang dilakukan oleh brand clothing asal Bandung Hooligans.

Sepakbola Indonesia boleh dikatakan lagi tidak bagus seiring lebih banyak konflik di balik meja, ketimbang prestasi di atas lapangan. PSSI sebagai induk organisasi dianggap tidak mampu menjalankan amanahnya dengan baik.

Contohnya adalah ketika sempat terjadi perselisihan antara PSSi dan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong beberapa waktu lalu. Fans Tim Garuda pun menjadi jengah melihat kondisi itu dan bisa saja berimbas pada semangat untuk mendukung timnas.

Ini tentu tidak bagus mengingat Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dan masih harus berjuang menyelamatkan muka di kualifikasi Piala Dunia 2022. Oleh karenanya, banyak cara yang dilakukan untuk tetap menjaga rasa cinta kepada timnas Indonesia, khususnya di tengah pandemi virus corona ini.

Sebelum pandemi saja, antusiasme suporter sudah terganggu. Sekarang dengan adanya pandemi ini, sudah pasti para suporter tidak akan menyaksikan aksi para pemain kesayangan dalam waktu dekat. Nah, ada cara lain seperti yang digagas Hooligans, sebuah brand clothing asal Bandung.

Jika Anda fans sepakbola di Indonesia, tentu sudah ada yang pernah mendengar brand tersebut. Ya Hooligans atau orang kerap menyebutnya Hooligans12th adalah clothing Indonesia yang mendedikasikan karyanya atas kecintaan pada Sepakbola. Didirikan mulai 2007, Hooligans kini beralamat di Setra Dago Utara III no 41, Bandung, Jawa Barat.

Nah, mengingat Indonesia akan merayakan hari kemerdekaannya ke-75 tahun pekan depan, maka Hooligans bekerjasama dengan beberapa seniman sepakbola untuk memeriahkannya dengan tema #Bangki75epakbolaindonesia, yakni membuat produk t-shirt bertemakan kemerdekaan Indonesia dan Timnas.

Hooligans12th - tShirt KemerdekaanHooligans12th - tShirt Kemerdekaan Foto: dok.Hooligans
Hooligans12th - tShirt KemerdekaanHooligans12th - tShirt Kemerdekaan Foto: dok.Hooligans

Diharapkan dengan adanya produk ini, maka kecintaan kepada sepakbola Indonesia tetap terjaga sekaligus berharap prestasi lebih baik ke depannya. Bahkan sebagian pendapatan dari penjualan kaus itu rencananya akan disumbangkan untuk program CSR.

"Ada banyak aspek yang dapat dikenang atau dirayakan, seperti football moments, jersey jersey iconic, kultur sepakbola, kenangan masa kecil, dan kultur suporternya. Bekerja sama dengan beberapa Ilustrator , kami berusaha mengangkat sebagian aspek itu dan mengabadikannya dalam grafis pada tshirts. Semoga dapat merawat kecintaan dan harapan pada Bangkitnya Sepakbola Indonesia," Yudha Asmara selaku pemilik Hooligans dalam perbincangan dengan detikSport.

"Kami juga menyisihkan sebagian pendapatan untuk program CSR 12.000 Books & Bags, dimana dana yang terkumpul akan dibelikan buku bacaan dan didonasikan pada taman bacaan," sambungnya.

Salah satu artis/ilustrator yang ikut adalah Fajar Ramadhan, jersey enthusiast yang kini menjadi apparel designer untuk brand Mills, sponsor apparel Timnas Indonesia. Jika Anda masih ingat jersey tandang putih Timnas Indonesia yang diluncurkan beberapa waktu lalu, Fajar-lah yang membuat desainnya.

"Saya senang bisa bekerjasama degan Hooligans dalam mengabadikan beberapa jersey Timnas yg menurut saya ikonik, dikemas dalam bentuk t-shirt jadi bisa dipakai saat kapanpun. Semoga semua suka dengan artwork dan produknya," tutur Fajar.

Hooligans12th - tShirt KemerdekaanHooligans12th - tShirt Kemerdekaan Foto: dok.Hooligans

Selain bekerjasama dengan Fajar, Hooligans juga menggandeng Azka Alfi yang mengerjakan ilustrasi untuk klub-klub Serie A seperti Fiorentina, AS Roma, AC Milan, dan Cagliari, serta Persikabo Bogor.

Selain itu juga ada Ade Mahardika yang mengerjakan ilustrasi untuk Bleacher Report Football atau dikenal BRFootball, serta menjadi ilustrasi grafis untuk AS Roma, AC Milan dan Persija Jakarta musim lalu. Serta visual artist bernama Hari Prast.

Tertarik untuk memiliki produk di atas? Anda sudah bisa mendapatkannya mulai hari ini, Sabtu (8/8) di webstore www.hooligans.co.id dan beberapa marketplace, dengan harga Rp 150 ribu per t-shirt.



Simak Video "Peringati HUT ke-77 RI, TAMPAK Minta Keadilan di Kasus Brigadir J"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT