Tips Memilih Sepatu Lari: Carilah yang Cocok, bukan Soal Gaya

ADVERTISEMENT

Tips Memilih Sepatu Lari: Carilah yang Cocok, bukan Soal Gaya

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 08 Sep 2022 05:00 WIB
ASICS METASPEED & ASICS MAGICSPEED
Tips untuk memilih sepatu lari yang nyaman dan tepat (dok.ASICS Indonesia)
Bangkok -

Lari saat ini jadi olahraga yang digemari masyarakat pada umumnya. Tapi, bukan berarti kita bisa sembarang memilih sepatu.

Olahraga lari kini sudah jadi gaya hidup masyarakat perkotaan sehingga dibutuhkan dukungan alat yang mumpuni, terutama sepatu. Sebab sepatu adalah elemen utama di olahraga tersebut.

Dengan memakai sepatu yang layak, maka para pelari bisa beraktivitas dengan nyaman sekaligus terhindar dari cedera. Puluhan produsen sepatu sudah berlomba-lomba untuk memberikan alat terbaik untuk para pelari.

Bagi mereka yang punya kocek dalam, maka tidak sulit untuk memboyong sepatu terbaik agar bisa maksimal dalam berlari. Tapi, apakah mereka benar-benar membutuhkan sepatu dengan harga mahal?

Menurut Regional Product & Merchandising Manager ASICS Asia, Bun Hua, para pelari harus tahu betul kemampuan mereka di atas trek. Sebab dari situ, barulah mereka bisa membeli sepatu yang benar-benar cocok.

Sepatu ASICS METASPEED dan MAGICSPEEDSepatu ASICS MAGICSPEED 2 dipegang salah satu runner dari ASICS Running Club Indonesia (Foto: dok.ASICS Indonesia)

Sebab, para pelari tidak bisa membeli sepatu begitu saja sesuai dengan kemampuan dompet mereka. Sepatu lari yang bagus akan sia-sia jika teknik berlarinya pun belum sempurna.

"Kami di sini selalu mencoba untuk membantu para pelari untuk menentukan sepatu yang cocok dengan mereka. Kami harus memberikan edukasi sehingga mereka tidak asal dalam memilih sepatu," ujar Bun Hua dalam rilis kepada detikSport.

Oleh karenanya, ASICS sebagai salah satu produsen olahraga top dunia mengeluarkan teknologi bernama METASPEED+ dan MAGICSPEED 2 dalam sepatu terbaru keluaran mereka. Kedua sepatu ini memang dirancang untuk mereka yang memang menjadikan lari sebagai kegiatan utamanya.

ASICS METASPEED & ASICS MAGICSPEEDASICS MAGICSPEED 2 cocok untuk para pelari pemula sampai level menengah (Foto: dok.ASICS Indonesia)

Dengan teknologi Carbon Plate yang disematkan di dua sepatu tersebut, maka para penggunanya bisa berlari dengan nyaman dan mencapai kecepatan terbaik mereka.

Sementara untuk pelari rekreasi atau yang baru "belajar", maka mereka bisa mencoba memakai sepatu non Carbon Plate seperti Gel Nimbus yang memberi proteksi dan juga kenyamanan, meski kelasnya berada di bawah METASPEED atau MAGICSPEED 2.

Bun Hua pun juga menyarankan kalau memang punya kocek lebih, maka pelari bisa punya dua sepatu, yakni yang dipakai saat latihan berbeda dengan yang digunakan saat lomba.

ASICS METASPEED & ASICS MAGICSPEEDASICS MAGICSPEED 2 memberikan kenyamanan untuk para penggunanya (Foto: dok.ASICS Indonesia).

"Ketika Anda bisa berlari lebih lama, maka jarak yang ditempuh bisa lebih jauh. Maka sepatu pun harus bisa memberikan proteksi dan stabilitas, itu membantu pelari terbebas dari cedera," papar Bun Hua.

"Selalu beli sepatu yang memang cocok dengan kebutuhan. Jika Anda pemula tapi membeli Carbon, maka akan sayang karena teknologinya tidak bisa dipakai secara sempurna. Tapi, jika Anda memang ingin merasakan sepatu kelas atas, maka MAGICSPEED 2 pantas dipilih. Dia adalah "adik" dari METASPEED, yang dibutuhkan di level tertentu untuk adaptasi sebelum naik ke Carbon Plate."

Jadi, apakah Anda sudah punya sepatu lari pilihan?

ASICS METASPEED & ASICS MAGICSPEEDASICS METASPEED & ASICS MAGICSPEED Foto: dok.ASICS Indonesia

(mrp/rin)

ADVERTISEMENT