sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 14 Feb 2021 21:00 WIB

Studi: Zidane Jadi Pelatih dengan Tarif Endorse Termahal

Bayu Baskoro - detikSport
BILBAO, SPAIN - JULY 05: Zinedine Zidane, Head Coach of Real Madrid reacts during the La Liga match between Athletic Club and Real Madrid CF at San Mames Stadium on July 05, 2020 in Bilbao, Spain. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in all fixtures being played behind closed doors. (Photo by Juan Manuel Serrano Arce/Getty Images) Zinedine Zidane menjadi pelatih dengan tarif endorse termahal di Instagram. (Foto: Getty Images/Juan Manuel Serrano Arce)
Madrid -

Zinedine Zidane menjadi pelatih dengan valuasi tertinggi di Instagram berdasarkan studi terbaru. Zizou bisa meraup cuan miliaran rupiah untuk sekali endorse.

Instagram tidak hanya digunakan para pesepakbola ternama saat ini. Beberapa pelatih top dunia turut menggunakan media sosial itu untuk mengunggah aktivitas sehari-harinya, hingga menjadi lahan mendatangkan profit tambahan.

Perusahaan konsultan komunikasi asal Spanyol, Comunicar Es Ganar, mengungkapkan studi terbaru mengenai keuntungan yang didapat para pelatih dari jasa endorse Instagram. Fokus studi ini menyasar pada setiap pelatih yang timnya bermain di Liga Champions.

Hasilnya, Zinedine Zidane menjadi pelatih dengan nilai valuasi akun Instagram tertinggi. Pelatih Real Madrid itu bisa meraih profit senilai 200 ribu euro (Rp 3,3 miliar) dalam setiap iklan yang diunggah akun miliknya, @zidane.

Angka tersebut tidak bisa dilepaskan dari banyaknya pengikut akun Instagram Zidane. Pria Prancis tersebut memiliki followers sebanyak 27,8 juta akun.

[Gambas:Instagram]

Jumlah pengikut Instagram Zidane unggul jauh ketimbang pesaing terdekatnya, Andrea Pirlo, yang berada di urutan kedua. Pelatih Juventus itu memiliki followers sebanyak 8,4 juta akun.

Selain Zidane dan Pirlo, deretan pelatih lain yang memiliki banyak pengikut di Instagram antara lain Diego Simeone (1,7 juta), Pep Guardiola, (1,2 juta), Ronald Koeman (769 ribu), serta Mauricio Pochettino (297 ribu).

Yuri Morejon, pendiri Comunicar Es Ganar, mengungkapkan, para pelatih tersebut dapat meraih untung besar karena mampu memelihara interaksi dengan pengikutnya. Semakin aktif dan banyak followers-nya, maka semakin besar pula nilai endorsement yang didapat.

"Formula untuk memonetisasi aktivitas seorang pelatih di media sosial adalah untuk menghasilkan dan memelihara komunitas yang terhubung setiap waktu dengan figur publik," kata Morejon, dilansir dari Daily Star.

"Dengan data saat ini, merek-merek komersil akan membayar sekitar 15 ribu euro untuk setiap kali unggahan berbayar di Instagram milik Pochettino, hingga 200 ribu untuk sekali unggahan Zidane," ujarnya.



Simak Video "Zidane Belum Menyerah"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com