Buntut Video Rasisme, Griezmann Ditinggal Sponsor

Yanu Arifin - Sepakbola
Kamis, 08 Jul 2021 01:00 WIB
BARCELONA, SPAIN - DECEMBER 16: Antoine Griezmann of Barcelona warms up prior to  the La Liga Santander match between FC Barcelona and Real Sociedad at Camp Nou on December 16, 2020 in Barcelona, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Striker Barcelona, Antoine Griezmann. (Foto: David Ramos/Getty Images)
Tokyo -

Antoine Griezmann baru saja ditinggal sponsor. Perkara video rasisme beberapa waktu lalu menjadi pemicunya.

Griezmann baru saja tersandung dugaan rasisme. Penyerang Barcelona itu terekam mengejek beberapa orang Asia.

Dalam video itu, Griezmann bersama Ousmane Dembele, terlihat mengolok-olok tiga teknisi asal Jepang yang sedang membetulkan televisi di kamar hotel.

Dembele terdengar mengucapkan kata-kata yang mengejek perawakan dan bahasa ketiga teknisi tersebut. Sementara Griezmann terlihat cuma tertawa mendengarnya.

Kemudian, beredar video lagi di dunia maya, yang memperlihatkan Griezmann berkata-kata nyeleneh, dengan menirukan logat orang Asia bicara. Dalam video itu, tampak pula Dembele dan Samuel Umtiti, namun kedua rekannya itu cuma diam.

Video-video itu kabarnya diambil ketika Barcelona tur pramusim ke Jepang pada 2019. Dan imbasnya fatal, di mana Antoine Griezmann kabarnya ditinggal sponsor.

Dilansir Marca, Konami, raksasa mainan asal Jepang, memutus kontrak kerja samanya dengan Griezmann. Padahal, pemain Prancis itu baru ditunjuk menjadi brand ambassador untuk seri kartu Yu-Gi-Oh! bulan lalu.

Konami, yang juga pemilik pengembang game sepakbola Pro Evolution Soccer [PES], kabarnya akan meminta penjelasan ke Barcelona. Pembicaraannya terkait kepastian kerja samanya di masa mendatang.

Sebelumnya Barcelona, selaku klub Griezmann, sudah kena semprot sponsornya juga. Rakuten, raksasa E-Commerce asal Jepang, menyebut tindakan Griezmann tak bisa diterima.

"Sebagai sebuah sponsor klub dan penyelenggara tur, saya sangat menyesalkan karena pemain-pemain FCB membuat komentar-komentar bernada diskriminasi," cuit CEO Rakuten, Hiroshi Mikitani dalam akun Twitter-nya, yang dikutip dari the Athletic.

Baik Antoine Griezmann dan Ousmane Dembele sudah minta maaf atas video heboh itu. Namun, kedua penyerang Barcelona itu tetap membantah bersikap rasis ke orang Asia.

(yna/ran)