Antoine Griezmann di Tengah Kontroversi Tudingan Rasis

Yanu Arifin - Sepakbola
Jumat, 09 Jul 2021 08:40 WIB
SEVILLE, SPAIN - JANUARY 17: Antoine Griezmann of FC Barcelona looks on during the Supercopa de Espana Final match between FC Barcelona and Athletic Club at Estadio de La Cartuja on January 17, 2021 in Seville, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Striker Barcelona, Antoine Griezmann, tersandung tudingan rasis ke orang Asia. (Foto: David Ramos/Getty Images)
Barcelona -

Antoine Griezmann menjadi sorotan karena video dugaan rasis ke orang Asia. Gara-gara dia, Barcelona dikecam sponsor.

Sebuah video viral yang memperlihatkan Griezmann dan Ousmane Dembele diduga mengejek orang Asia. Momen itu terjadi pada 2019.

Saat Barcelona menggelar tur pramusim ke Jepang, Griezmann dan Dembele tampak mengolok-olok teknisi Jepang, yang sedang membetulkan televisi di kamar hotel.

Dalam video itu, Dembele diduga mengatakan ejekan soal bahasa, perawakan, dan kemampuan menggunakan teknologi kepada orang-orang Jepang itu. Griezmann sendiri terekam cuma tertawa.

Kemudian, beredar lagi video Griezmann di kolam renang. Kali ini, penyerang asal Prancis itu berlagak bicara dengan logat orang Asia, yang terdengar tampak mengejek.

Situasi itu membuat dua sponsor Barcelona, yang berasal dari Asia, geram. Konami dan Rakuten meminta penjelasan.

Konami, yang menjadi pengembang game Pro Evolution Soccer, meminta penjelasan ke Barcelona. Selain itu, Konami juga sudah memutus kontrak dengan Antoine Griezmann, yang sebelumnya baru ditunjuk menjadi duta mereknya.

Kemudian Rakuten, raksasa E-Commerce asal Jepang, juga kesal dengan kelakukan Griezmann. Perusahaan yang membiayai tur pramusim Barcelona dua tahun lalu itu juga mengecam Blaugrana, yang dinilai tidak menghormati orang Jepang.

Griezmann sendiri sudah meminta maaf atas sikapnya, meski membantah bersikap rasis. Demikian pula dengan Dembele, yang langsung meminta maaf atas kelakukannya.

Bukan pertama kali ini Antoine Griezmann tersandung kasus dugaan rasisme. Pada 2017, mantan pemain Real Sociedad dan Atletico Madrid itu dituding mengolok-olok orang kulit hitam saat menyemarakkan pesta kostum, dengan mengecat wajahnya menjadi warna hitam.

(yna/rin)