Keceriaan Chiellini Menginspirasi Warga Jerman

Randy Prasatya - Sepakbola
Sabtu, 24 Jul 2021 08:30 WIB
Italys Giorgio Chiellini celebrates after winning the Euro 2020 final soccer match between Italy and England at Wembley stadium in London, Sunday, July 11, 2021. (Facundo Arrizabalaga/Pool via AP)
Giorgio Chiellini tak terlihat penuh beban di Euro 2020. (Foto: AP/Facundo Arrizabalaga)
Jakarta -

Humor dan kegembiraan Giorgio Chiellini di Euro 2020 menginspirasi warga Jerman. Kapten Timnas Italia itu kini diberi julukan Chiellinigkeit.

Chiellini berhasil membantu Italia menjadi juara Euro 2020 setelah mengalahkan Inggris di laga pamungkas. Sepanjang perhelatan pesta sepakbola Eropa itu, Chiellini selalu terlihat enjoy.

Salah satu momen yang paling membekas adalah saat bercanda dengan bek Spanyol, Jordi Alba, dalam undian koin di ada penalti babak semifinal. Chiellini tampak bersenang-senang dan penuh canda bahkan terlihat mencubit pipi Alba yang tampak tegang.

Bek berusia 36 tahun itu juga terlihat sangat enjoy saat tiba di Wembley untuk menjalani laga final. Chiellini dengan penuh senyum berteriak memanggil bek Inggris, Harry Maguire, dengan sebutan Big Man.

Apa yang sudah diperlihatkan Chiellini menjadi pembicaraan hangat di Jerman. Surat kabar Jerman, Zeit, bahkan telah menciptakan kata baru untuk menghormatinya: Chiellinigkeit.

Chiellinigkeit mengandung makna, bahwa seseorang harus bisa melihat sesuatu dengan cara yang lebih ringan. Bersikaplah ceria tanpa kehilangan keseriusan, lakukan pekerjaan dengan cara terbaik dan bersenang-senanglah saat melakukannya.

Chiellini sudah pernah menjelaskan apa yang terjadi dalam lempar koin bersama Alba. Dia mengaku Alba salah paham soal sisi koin dan berusaha menjelaskannya sambil bercanda.

"Kami saat itu harus memutuskan di sisi mana adu penalti dilaksanakan, dan wasit saat itu bilang merah di sisi sana, biru di sisi yang satunya lagi," kata Chiellini dalam wawancara dengan FIGC, dikutip Marca.

"Ketika dia melihat sisi merah (dari koin) yang ada di atas, Jordi mengira itu artinya adu penalti akan digelar di sisi yang ada suporter Spanyol, tapi saya bilang dengan nada bercanda bahwa bukan begitu penjelasannya," Chiellini menambahkan.



Simak Video "Euro 2020 Dibuka Turki Vs Italia, Ini Daftar Skuadnya"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/pur)