Harga Ronaldo Setara Keuntungan 2,5 Juta Jersey MU

Bayu Baskoro - Sepakbola
Kamis, 02 Sep 2021 20:20 WIB
Cristiano Ronaldo memakai jersey baru Manchester United di Manchester, Selasa (31/8/2021).
Cristiano Ronaldo dengan seragam kandang anyar Manchester United. (Foto: dok. Manchester United)
Manchester -

Cristiano Ronaldo resmi kembali ke Manchester United. Harga pembelian CR7 setara dengan keuntungan dari penjualan jutaan jersey Setan Merah.

Ronaldo menuntaskan transfer dari Juventus pada awal musim panas ini. Bintang 36 tahun itu diboyong dengan transfer 15 juta euro dan menandatangani kontrak berdurasi dua tahun.

Harga 15 juta euro jelas tidak terlalu mahal untuk bintang sekaliber Ronaldo. Peraih lima Ballon d'Or itu sebelumnya dihargai 117 juta euro saat diboyong Juventus dari Real Madrid pada 2018.

Alhasil, banyak yang berspekulasi bila biaya transfer Cristiano Ronaldo bisa langsung tertutupi dengan penjualan jersey klub. Kaus anyar Manchester United dengan nama Ronaldo saat ini memang menjadi incaran para penggemar di seluruh dunia.

Manchester United mematok harga 110 euro atau 95 paun untuk jersey kandang orisinal musim 2021/2022. Secara hitungan kasar, penjualan sebanyak 136 ribu jersey dari fans bisa langsung menutupi biaya transfer Ronaldo.

Usut punya usut, biaya keuntungan dari penjualan jersey klub rupanya tidak seluruhnya diterima MU. Sebagian besar keuntungan justru didapatkan pabrikan sponsor, yang mana dalam hal ini adalah Adidas.

Melansir laporan Manchester Evening News, MU meneken kontrak 10 tahun dengan Adidas dengan nilai fantastis 750 juta euro pada 2014. Angka tersebut menjadi rekor dunia untuk sponsor apparel klub, serta menjadi salah satu pemasukan terbesar Setan Merah.

Produk orisinil jersey kandang Manchester United dijual seharga 110 euro.Produk orisinal jersey kandang Manchester United dijual seharga 110 euro. (Foto: dok. Manchester United)

Kendati demikian, MU kabarnya hanya menerima tidak lebih dari 10 persen per setiap penjualan kaus. Hal itu diungkapkan dosen senior keuangan olahraga Universitas Sheffield Hallam, Dr Dan Plumley, yang mengklaim MU cuma mendapat keuntungan 5 paun dari setiap penjualan jersey Ronaldo.

"Biaya sudah disepakati antara pabrikan dan klub. Jadi penjualan kaos diterima ke pabrikan - atau sebagian besar dari mereka [melakukannya]," kata Dr Dan kepada BBC, dilansir dari Manchester Evening News.

Berdasarkan klaim pemotongan tersebut, maka dibutuhkan penjualan mencapai 2,58 juta jersey orisinal MU untuk bisa menutupi biaya transfer Cristiano Ronaldo seharga 15 juta euro, atau setara 12,9 juta paun. Jumlah yang sangat besar sekali, bukan?



Simak Video "Mantap! Penjualan Kaos MU CR7 Pecahkan Rekor, Kalahkan Messi"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/aff)