Ronaldo Dulu dan Sekarang Berbeda, tapi Tetap Kelas Dunia

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Kamis, 02 Sep 2021 02:05 WIB
Cristiano Ronaldo memamerkan seragam anyar Manchester United di Manchester, Selasa 31 Agustus 2021.
Cristiano Ronaldo masih kelas dunia meski sudah 36 tahun. (Foto: dok. Manchester United)
Lisbon -

Cristiano Ronaldo pulang ke Manchester United di usia 36 tahun. Bukan usia yang muda lagi, tapi kualitasnya membuat Ronaldo dianggap masih kelas dunia.

Manchester United memulangkan Cristiano Ronaldo dari Juventus pada musim panas ini. Mega bintang asal Portugal itu dikontrak selama dua tahun, dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Kendati kental nuansa nostalgia, perekrutan Cristiano Ronaldo juga dinilai tetap sejalan dengan kebutuhan Manchester United saat ini. MU butuh penyerang tengah yang bisa diandalkan mendulang gol.

Ia memang bukan lagi Ronaldo di periode pertama MU, ketika bermain sebagai penyerang sayap dan memamerkan kelincahannya. Ronaldo yang sekarang beroperasi selayaknya pemain nomor sembilan, dengan insting gol yang tinggi.

Meski tak lagi muda, Ronaldo musim lalu masih bisa mencetak 36 gol dari 44 penampilan di seluruh ajang bareng Juventus. Mantan kapten MU Gary Neville tak ragu menyebut bekas rekannya itu masih punya kualitas kelas dunia.

"Saya rasa buat Manchester United, ini adalah tambahan yang luar biasa untuk skuad mereka. United memang butuh penyerang tengah, tapi dalam hal aspek fisiknya, dia hampir seperti 28, 29, 30 tahun jika dilihat," ungkapnya dalam kolom di Sky Sports.

"Orang-orang akan melihat ke Cristiano semasa muda dan memikirkan bagaimana dia dulu menaklukkan lima atau enam pemain di area lebar lapangan, sementara sekarang dia lebih efisien."

"Kalau Ronaldo yang sekarang sudah ada delapan tahun lalu, dia akan masih disebut sebagai pemain kelas dunia. Pergerakannya di kotak penalti, kemampuannya mencetak gol, ketenangan di depan gawang, dan kemampuannya memaksimalkan pelaung membuatnya masih keluar dunia dan jauh dari kata usang," imbuhnya.



Simak Video "Mantap! Penjualan Kaos MU CR7 Pecahkan Rekor, Kalahkan Messi"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/aff)