Kok Bisa, Andres Iniesta Masuk Daftar Pesepakbola Terkaya?

Afif Farhan - Sepakbola
Minggu, 26 Sep 2021 17:00 WIB
DOHA, QATAR - DECEMBER 07: Andres Iniesta of Vissel Kobe celebrates his goal during the AFC Champions League Round of 16 match between Vissel Kobe and Shanghai SIPG at the Khalifa International Stadium on December 7, 2020 in Doha, Qatar. (Photo by Mohamed Farag/Getty Images)
Kok Bisa, Andres Iniesta Masuk Daftar Pesepakbola Terkaya? (Getty Images)
Jakarta -

Forbes melansir 10 pesepakbola terkaya di dunia tahun 2021 ini. Ada satu kejutan, Andres Iniesta masuk dalam daftarnya!

Dilansir dari Forbes, pesepakbola terkaya di dunia tahun 2021 ini adalah Cristiano Ronaldo. Pemain Manchester United itu punya total kekayaan sebesar 125 juta USD atau setara Rp 1,7 triliun.

Ronaldo menggeser Lionel Messi yang kini berada di peringkat kedua. Berturut-turut dalam 10 besar diisi oleh Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Neymar, Kylian Mbappe, Mohamed Salah, Robert Lewandowski, Andres Iniesta, Paul Pogba, Gareth Bale, dan Eden Hazard.

Dari 10 daftar pemain tersebut, sembilan di antaranya bermain di Eropa. Cuma satu yang bermain di Asia, dia adalah Andres Iniesta!

Sejak tahun 2018 (ketika berusia 34 tahun), Andres Iniesta hijrah ke Liga Jepang setelah kontraknya di Barcelona habis. Iniesta direkrut Vissel Kobe yang berlaga di J1 League, liga utama di Negeri Sakura.

Iniesta nyatanya masih bertaring. Sudah 93 laga dikemasnya di seluruh kompetisi dan membukukan 19 gol dan 19 assist.

Dua titel sudah dipersembahkannya, yakni juara Piala Jepang dan Piala Super Jepang.

DOHA, QATAR - DECEMBER 07: Andres Iniesta of Vissel Kobe celebrates his goal during the AFC Champions League Round of 16 match between Vissel Kobe and Shanghai SIPG at the Khalifa International Stadium on December 7, 2020 in Doha, Qatar. (Photo by Mohamed Farag/Getty Images)Iniesta (kanan) sudah mempersembahkan dua titel untik Vissel Kobe (Getty Images/Mohamed Farag)

Kekayaan Andres Iniesta ada di angka 35 juta USD atau setara Rp 499 miliar. Dari mana duit sebanyak itu?

Forbes merilis, kalau kekayaan Iniesta yang sebanyak 31 juta USD atau setara Rp 442 miliar rupanya adalah penghasilan dari gajinya. Tak ayal di bulan April kemarin, Iniesta melakukan perpanjangan kontrak bermain sampai 2024 dan mendapat bayaran segitu besarnya (per tahun)!

Sisanya, 4 juta USD didapat Iniesta dari sisi endorsement atau setara Rp 57 miliar. Iniesta diketahui juga punya bisnis ladang anggur di Spanyol.

Andres Iniesta sejatinya merupakan salah satu legenda hidup Barcelona. Dirinya berseragam Blaugrana selama 16 musim dan merupakan salah satu jebolan akademi terbaiknya.

(aff/cas)