Striker Ukraina Ini Kritik LGBT, Khawatir dengan Putranya

Kris Fathoni W - Sepakbola
Rabu, 03 Nov 2021 12:50 WIB
AMSTERDAM, NETHERLANDS - JUNE 12: Artem Besedin of Ukraine looks on during the Ukraine Training Session ahead of the UEFA Euro 2020 Championship Group C match between Netherlands and Ukraine at Johan Cruijff Arena on June 12, 2021 in Amsterdam, Netherlands. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Striker Ukraina Artem Besedin. Foto(: Getty Images/Dean Mouhtaropoulos)
Jakarta -

Artem Besedin, striker asal Ukraina yang bermain untuk klub Dynamo Kiev, mengkritik LGBT. Ia tak mau anaknya tumbuh dan melihat gay di sekelilingnya.

Besedin, yang punya 15 caps di timnas Ukraina, saat ini sedang memulihkan diri di Barcelona, Spanyol setelah mengalami cedera lutut serius.

Di Barcelona itu pula Artem Besedin menyaksikan parade LGBT. Lewat kanal YouTube, sebagaimana dilansir Tribuna, ia melontarkan kritikan.

"Apa aku mendukung parade gay? Tentu saja tidak. Itu tidak wajar. Pada dasarnya, semestinya tak ada orang gay. Yang ada itu laki-laki dan perempuan, itu saja," katanya.

"Aku punya seorang putra. Aku tidak mau dirinya tumbuh melihat orang-orang gay. Di Ukraina cuma sedikit yang seperti itu, tapi di sini ada banyak."

"Klub-klub gay, bendera LGBT, pria berpegangan tangan. Aku tak tahan melihatnya," tuturnya.

Sebelum ini, sebut RT.com, eks-pesepakbola Ukraina Bohdan Butko juga melontarkan hal serupa. Menurutnya dunia sudah menuju arah yang "sulit dipahami" karena hubungan sesama jenis dan bahwa ia "tidak menerima eksistensi gay".

Pernyataan-pernyataan itu sendiri muncul berdekatan dengan momen pesepakbola Australia Josh Cavallo mengumumkan bahwa dirinya gay.

"Saya pesepakbola dan seorang gay. Yang saya inginkan adalah bermain dan diperlakukan sama," katanya dalam cuplikan video itu.

(krs/ran)