Di Antara Oleksandr Zinchenko, Khabib Nurmagomedov, dan Vladimir Putin

Tim detikcom - Sepakbola
Jumat, 25 Feb 2022 19:40 WIB
Khabib Nurmagomedov dan Oleksandr Zinchenko
Khabib Nurmagomedov dan Oleksandr Zinchenko. Foto: Dok. Instagram @khabib_nurmagomedov
Jakarta -

Oleksandr Zinchenko, Khabib Nurmagomedov, dan Vladimir Putin. Pesepakbola, eks jawara UFC, dan Presiden Rusia. Ini kisah mereka terkait situasi Rusia vs Ukraina.

Seperti diketahui, Rusia sudah membuka agresi militer dalam skala besar ke Ukraina. Invasi terjadi setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengizinkan operasi militer di negara Eropa Timur tersebut.

Lantas apa kaitan Vladimir Putin dengan Oleksandr Zinchenko?

Saat ini Zinchenko bermain di klub sepakbola Inggris Manchester City. Pemain bertahan itu lahir di Ukraina, 25 tahun silam.

Tak ayal serangan Rusia ke Ukraina sudah memancing reaksi dari Oleksandr Zinchenko. Postingannya di media sosial pun menuai perhatian.

"Negaraku itu milik orang-orang Ukraina dan tidak ada seorang pun yang bisa mengambilnya. Kami tidak akan menyerah. Jayalah Ukraina!" tulis Zinchenko dalam petikan postingan-nya di medsos.

Tak cuma itu, Oleksandr Zinchenko bahkan sempat memaki Vladimir Putin! Tapi postingan makian tersebut langsung raib dari akunnya. Bahkan, akun Instagram Zinchenko kini sudah dikunci dalam mode privat alias tak lagi bisa dilihat langsung oleh publik.

Nah, apa hubungan itu semua dengan Khabib Nurmagomedov, legenda UFC asal Dagestan, Rusia?

Pertama-tama, Nurmagomedov konon amat mengidolakan Putin. Orang nomor satu Rusia itu pun memberikan perhatian besar kepada Khabib saat sang ayah sakit keras -- sampai akhirnya menghembuskan nafas terakhir.

Di sisi lain, pada bulan Oktober lalu Khabib Nurmagomedov dengan akrabnya menonton pertandingan Man City bersama Oleksandr Zinchenko di Etihad.

Momen itu diabadikan Nurmagomedov dan Zinchenko di medsos masing-masing. Ucapan-ucapan positif dari keduanya pun mengiringi.

"Saya berharap Anda sukses dalam segala hal, Zinchenko. Bahkan jika ada orang yang tidak menyukai itu," tulis Khabib.

"Senang sekali bisa menonton pertandingan dan mengobrol dengan Anda, Khabib Nurmagomedov," kata Zinchenko.

Saat itu, sejumlah komentar netizen pun sudah "mengingatkan" Zinchenko, seorang WN Ukraina, perihal Khabib yang berasal dari Rusia dan dikenal dekat dengan Putin. Ini lantaran hubungan Ukraina dan Rusia memang sudah lama "panas".

"Kamu harus mempertahankan kehormatan negaramu. Terutama di depan umum," tulis seorang netizen seperti dilansir RT.com, mengingatkan Zinchenko untuk menghindari "wakil Rusia".

Yang lain menulis, "(Nurmagomedov) mengidolakan Putin dan [pemimpin Chechnya Ramzan] Kadyrov."

(krs/cas)