ADVERTISEMENT

Milanisti Indonesia Futsal League: Dari dan Untuk Fans Milan di Tanah Air

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Minggu, 03 Apr 2022 22:30 WIB
Milanisti Indonesia Futsal League: Demi Persaudaraan Fans Milan di Tanah Air.
Milanisti Indonesia Futsal League edisi 13 digelar akhir pekan lalu (dok.Milanisti Indonesia)
Jakarta -

Komunitas fans AC Milan di Indonesia, Milanisti Indonesia, kembali adakan liga futsal internal. Inilah hasil kompetisi yang memasuki tahun ke-13 bulan lalu.

Kompetisi itu bernama Milanisti Indonesia Futsa League. Setiap tahunnya, Milanisti rutin mengagendakan agenda tersebut untuk para member Milanisti Indonesia.

Tidak hanya yang berdomisili di Jakarta atau hanya member Jakarta saja, kegiatan ini pun diikuti oleh para member yang berasal dari Depok, Tangerang, Bekasi, dan regional lainnya. Untuk edisi ke-13 ini, ajang yang biasanya disingkat MIFL ini diikuti 10 tim.

Yang menjadikan MIFL ini menarik adalah pembagian timnya, dimana sebelum pembagian tim, para pemain yang telah mendaftar akan dikelompokkan berdasarkan pot nya masing - masing. Pot disini berarti para pemain dikelompokkan berdasarkan kemampuannya, dan pembagian tim dilakukan secara acak dan merata.

MIFL XIII ini diadakan di Tifosi Sport Center Jakarta. Dengan mengusung format Liga separuh musim, enam tim teratas di klasemen akan lolos ke fase knock out. Dimana peringkat 1 dan 2 otomatis lolos ke semifinal, dan posisi 3-6 akan melalui playoff dahulu sebelum masuk ke babak semifinal.

Ada 10 tim yang bertanding, yakni Alternativa, Commandos Tigre, Brigate Rossoneri, Torcida Rossonera, Fossa Dei Leoni, Guerrieri Ultras, Panthers Rossoneri, Curva Sud Milano, Avanguardia, dan Pitbull Milano.

Milanisti Indonesia Futsal League: Demi Persaudaraan Fans Milan di Tanah Air.Milanisti Indonesia Futsal League: Demi Persaudaraan Fans Milan di Tanah Air. Foto: dok.Milanisti Indonesia

Terdapat 45 pertandingan selama sembilan pekan fase liga, dimulai dari 12 Desember 2021 sampai 6 Maret 2022. Acara puncak diadakan pada tanggal 20 Maret 2022. Acara ini sempat terhenti pada 2020 karen pandemi virus corona, sebelum bergulir lagi tahun ini.

Pada edisi MIFL XIII kali ini, Brigate Rossoneri berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Commandos Tigre di final dengan skor 8-7.

"Memang benar kita sempat terhenti, seharusnya MIFL XIII ini bergulir tahun 2020. Tapi karena kondisi pandemi yang belum memungkinkan, jadi kita baru bisa mengadakannya pada tahun 2021-2022 ini, itupun dengan protokol kesehatan yang ketat, dan syukurnya kita dapat menyelesaikan kegiatan ini dengan baik dan lancar," tutur Santho selaku ketua MIFL XIII dalam rilis kepada detikSport.

Selain award untuk juara dan runner-up, ada juga penghargaan lain seperti Best Player, Top Score dan Rookie, pencetak gol terbanyak dan pendatang baru terbaik.

Milanisti Indonesia Futsal League: Demi Persaudaraan Fans Milan di Tanah Air.Milanisti Indonesia Futsal League: Demi Persaudaraan Fans Milan di Tanah Air. Foto: dok.Milanisti Indonesia

Milanisti Indonesia dan MClub berharap dengan pandemi tidak serta merta memutus silaturahmi antar anggota. Meski sedang dalam kondisi pandemi, MIFL berjalan sesuai protokol kesehatan yang ketat dan pembatasan pengujung yang bekerja sama dengan pihak venue.

"Tak lupa dengan protokol kesehatan yang ketat dari pihak penyelenggara dan venue," timpal Berland.

(mrp/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT