ADVERTISEMENT

Liga Sepakbola Terkecil di Dunia: Cuma Dua Tim, Diakui FIFA

Afif Farhan - Sepakbola
Sabtu, 11 Jun 2022 12:00 WIB
Isles of Scilly Football League
Foto: (Twitter/@IOS_WSFL)
Jakarta -

Selamat datang di Isles of Scilly Football League. Inilah liga sepakbola terkecil di dunia yang cuma diisi dua tim dan bermain 18 kali semusim, diakui FIFA!

Kepulauan Scilly merupakan kepulauan di sebelah barat daya lepas daratan utama Inggris yang berjarak 40 kilometer. Kepulauan itu masih masuk dalam wilayah Cornwall.

Kepulauan Scilly terdiri dari ratusan pulau kecil dengan lima pulau besar yang dihuni penduduk. Tercatat ada sekitar 2.000-an penduduk di sana dengan mata pencaharian sebagai nelayan dan berladang.

Di pusat kota Hugh Town, di St. Mary's terdapat satu-satunya lapangan sepakbola. Di sanalah digelar ligasepakbola terkecil di dunia yang bernama Isles of Scilly Football League!

Liga ini sudah eksis sejak tahun 1920-an. Dulunya ada sekitar lima tim tapi hanya tersisa dua tim saja sejak tahun 1950-an dan bertahan sampai sekarang.

Dua tim itu adalah Woolpack Wanderers dan Garrison Gunners yang bertanding sebanyak 18 kali dalam semusim.

Pertandingannya selalu digelar pada hari Minggu pukul 10.00 pagi. Formatnya ganti-gantian, misal pekan ini Woolpack Wanderers jadi tuan rumah maka pekan depan giliran Garrison Gunners jadi tuan rumah.

Akan tetapi, bisa saja pertandingan ditunda kalau cuaca buruk atau lapangan yang terlalu berlumpur akibat hujan.

Isles of Scilly Football LeagueInilah Isles of Scilly Football League (Twitter/@IOS_WSFL)
Isles of Scilly Football LeagueLapangan sepakbolanya tanpa ada tribun penonton (Twitter/@IOS_WSFL)

Bukan cuma pertandingan liga, tetapi ada kompetisi lain yang digelar seperti semacam Piala FA, laga persahabatan antar peneliti yang sedang menetap di Kepulauan Scilly (seperti pengamat burung), sampai laga pemain tua vs pemain muda.

Menariknya, Isles of Scilly Football League berafiliasi dengan The Football Association (FA yang semacam PSSI-nya Inggris). Liga ini juga turut diakui FIFA!

Para pemain di Isles of Scilly Football League rata-rata berusia 30 tahun ke atas. Sebabnya, para anak muda sudah merantau ke kota-kota di daratan Inggris untuk mencari ilmu dan selanjutnya bekerja.

Setelahnya, anak-anak mudanya itu jarang yang kembali menetap di Kepulauan Scilly. Lantas, hanya generasi tua yang kebanyakan tersisa.

Akan tetapi, para penduduk Kepulauan Scilly masih akan terus menjaga Isles of Scilly Football League. Kompetisi ini adalah salah satu aktivitas menyenangkan di tengah lautan.

"Jangan salah, pertandingannya selalu kompetitif dan para pemain memberikan segalanya di lapangan," tegas striker Wanderers, Will Leathbridge.

"Sehingga sering terjadi ada sedikit masalah antara pemain. Namun kami semua tinggal bersama-sama di kepulauan kecil ini selama bertahun-tahun, maka apa yang terjadi di lapangan tetaplah di lapangan saja," tutupnya.

(aff/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT