ADVERTISEMENT

Southgate Kritisi Sebutan 'WAGs' untuk Istri dan Pacar Pemain Inggris

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 14 Jun 2022 08:30 WIB
WOLVERHAMPTON, ENGLAND - JUNE 13: Gareth Southgate, Manager of England speaks during a press conference following an England Training Session at The Sir Jack Hayward Training Ground on June 13, 2022 in Wolverhampton, England. (Photo by Jack Thomas - WWFC/Wolves via Getty Images)
Southgate menilai istilah WAGs kurang menghormati pasangan para pemain. Foto: Wolves via Getty Images/Jack Thomas - WWFC
Jakarta -

Manajer Inggris Gareth Southgate mengaku tak senang dengan istilah WAGs yang disematkan pada pasangan para pemain The Three Lions. Hal itu dinilai merendahkan derajat mereka.

Istilah Wives and girlfriends (WAGs) mulai dipakai media Inggris pada Piala Dunia 2006. Saat itu, ada sejumlah artis seperti Victoria Beckham dan Cheryl Cole yang berstatus pasangan pemain ikut hadir memberi dukungan di Jerman.

Gerak-gerik WAGs saat itu menjadi sorotan kamera, bahkan mendapat porsi pemberitaan yang tak kalah dengan para pemain Inggris di lapangan hijau, yang akhirnya tersingkir di perempatfinal. Sejak saat itu, penggunaan istilah WAGs menjadi umum.

Namun pada era Southgate, perhatian kepada WAGs Inggris relatif berkurang, seperti misalnya saat Piala Dunia 2018 di Rusia. Sebab pelatih 51 tahun itu mengizinkan mereka masuk ke hotel sehingga tak perlu sering-sering 'berkeliaran' di luar.

Jelang Piala Dunia 2022, para WAGs kembali disorot. Ada kabar Netflix ingin membuat serial dokumenter mengenai kegiatan mereka selama di Qatar. Pacar Luke Shaw, Jack Grealish, dan Jarrod Bowen dilaporkan The Sun sudah mendapat tawaran.

Ditanya mengenai kabar tersebut, Southgate mengaku tak terkesan. Namun ia juga tak suka istilah WAGs terus dipergunakan.

STUTTGART, GERMANY - JUNE 25: Victoria Beckham returns to her seat during the FIFA World Cup Germany 2006 Round of 16 match between England and Ecuador played at the Gottlieb-Daimler Stadium on June 25, 2006 in Stuttgart, Germany. (Photo by Alex Livesey/Getty Images)Victoria Beckham ketika hadir mendukung suaminya di Piala Dunia 2006. Foto: Getty Images/Alex Livesey

"Well, itu bukan selera saya," ujar Southgate, dikutip Daily Mail.

"Saya akan terkejut jika para pemain kami tertarik dengan hal itu, sebab mereka ingin fokus di sepakbola saja. Fokus di Rusia dan (Euro) pada musim panas lalu terpusat kepada pemain dan segala aktivitas mereka. Kami tak pernah punya masalah."

"Kami suka melibatkan keluarga. Kami pikir penting jika pasangan para pemain... Saya pikir istilah 'WAGs' tidaklah sopan. Itu kan istri dan pacar mereka. Jadi saya tak suka istilah itu."

"Tapi kami ingin mereka merasa disambut, kami mengundang mereka ke hotel ketika bisa seperti di Rusia. Jadi ada ibu, ayah, dan anak-anak."

"Senang rasanya jika ada anak-anak hadir, suasana hotel pun berubah. Kami tak bisa melakukan itu tahun lalu karena ada COVID-19. Kami adalah satu keluarga besar, jadi saya pikir setiap orang mengakui bahwa apa yang kami lakukan selama beberapa tahun terakhir berjalan baik," jelas Southgate.

(adp/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT