ADVERTISEMENT

Sadio Mane dan Mohamed Salah, Para Pahlawan di Kampungnya

Afif Farhan - Sepakbola
Kamis, 23 Jun 2022 12:25 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - JUNE 24: Sadio Mane of Liverpool celebrates with Mohamed Salah of Liverpool after scoring his sides fourth goal during the Premier League match between Liverpool FC and Crystal Palace at Anfield on June 24, 2020 in Liverpool, England. (Phil Noble/Pool via Getty Images)
Sadio Mane dan Mohamed Salah, Para Pahlawan di Kampungnya (Getty Images)
Jakarta -

Sadio Mane dan Mohamed Salah layak disebut sebagai pemain top dermawan. Punya banyak harta, mereka tak lupa untuk bangun kampung halamannya jadi lebih baik.

Sadio Mane kini melanjutkan petualangannya ke Bayern Munich. Dirinya berpisah dengan Liverpool, termasuk dengan rekan setimnya Mohamed Salah.

Ya, mereka berdua begitu gahar di lapangan dengan tokcer gol. Namun kehidupan keduanya di luar lapangan, turut pula diacungi jempol.

Dilansir dari The Sun, Sadio Mane dan Mohamed Salah sama-sama berasal dari Afrika. Mane dari Senegal dan Salah dari Mesir.

Keduanya juga berasal dari desa kecil. Mane dari Banbali dan Salah dari Nagrig. Walau keduanya sudah jadi pemain kelas dunia, Mane dan Salah bukanlah kacang yang lupa kulitnya.

Sadio Mane banyak menyumbangkan uang untuk membangun kampung halamannya jadi tempat yang lebih baik. Mane menyumbang 270 ribu Pounds atau setara Rp 4,9 miliar untuk pembangunan sekolah.

Belum selesai, Mane juga menyumbang 530 ribu Pounds atau setara Rp 9,6 miliar untuk pembangunan rumah sakit. Bahkan, Mane juga memberikan sumbangan ke tiap orang di kampungnya sebesar 70 Euro atau setara Rp 1,2 juta untuk tambahan biaya hidup per bulan.

Mane turut membangun jaringan internet 4G. Semata-mata itu dilakukannya, untuk membuat masyarakat di kampungnya mendapat kehidupan yang lebih layak.

"Saya berasal dari desa yang miskin. Lebih baik uang yang saya dapat dari sepakbola, dipakai untuk membantu masyarakat di sana," ujarnya.

(Halaman selanjutnya, Mohamed Salah tidak kalah dermawan)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT