ADVERTISEMENT

Dapat 'Assist' Koalisi Kiri-Tengah, Eks Pemain Roma Jadi Walikota

Yanu Arifin - Sepakbola
Senin, 27 Jun 2022 13:00 WIB
Damiano Tomassi, Roma  (Photo by Matthew Ashton/EMPICS via Getty Images)
Damiano Tomassi. (Foto: PA Images via Getty Images/Matthew Ashton - EMPICS)
Verona -

Eks pemain AS Roma, Damiano Tomassi, sukses menjadi walikota Verona. Eks gelandang Giallorossi itu mengalahkan incumbent usai disokong koalisi partai kiri-tengah.

Seperti dilansir Football-Italia, Tomassi memenangkan pemilihan walikota Verona pada Minggu (25/6/2022). Pria 48 tahun itu mengalahkan lawan incumbent.

Tomassi mengungguli Federico Sboarina, dengan meraih suara 54,4 persen. Sang lawan cuma meraih 46,6 persen.

Tomassi sedianya tidak menjadi bagian dari partai politik. Namun, ia disokong koalisi kiri tengah Partai Demokrat, sampai akhirnya mengungguli Sboarina, yang sedianya disokong koalisi sayap kanan dan konservatif.

Damiano Tomassi sendiri adalah mantan pemain AS Roma pada musim 1996 hingga 2006. Ia turut membantu Serigala Ibu Kota memenangkan scudetto tahun 2000 dan Piala Super Italia 2001.

Verona sendiri menjadi kota pertama yang dibela Tomassi, sebelum pindah ke AS Roma. Kemudian, pria Italia itu melanglang buana ke berbagai klub seperti Levante, Queens Park Rangers, Tianjin Teda, Sant'Anna d'Alfaedo dan terakhir La Fiorita. Ia pensiun pada 2019.

Semasa bermain, Damiano Tomassi dikenal pemain yang kerap fokus pada isu sosial. Ia pernah meminta dibayar murah karena cedera di AS Roma, lalu mendesak Nike menggunakan bola yang dibuat buruh yang dibayar layak.

(yna/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT