Waduh, Kiper Ini Dikartumerah Usai Pipis di Pagar Rumput

ADVERTISEMENT

Waduh, Kiper Ini Dikartumerah Usai Pipis di Pagar Rumput

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 06 Sep 2022 03:00 WIB
LONDON, ENGLAND - AUGUST 05: A detailed view of Nike Official Premier League Match Ball for the 2022-23 Season during the Premier League match between Crystal Palace and Arsenal FC at Selhurst Park on August 05, 2022 in London, England. (Photo by Julian Finney/Getty Images)
Ilustrasi bola. Foto: Getty Images/Julian Finney
Blackfield -

Sebuah insiden tak biasa terjadi di fase kualifikasi Piala FA musim ini. Seorang pemain mendapat kartu merah dari wasit setelah ketahuan pipis di pagar rumput.

Peristiwa itu dialami oleh Connor Maseko yang bermain untuk Blackfield & Langley, klub divisi sembilan Liga Inggris. Sabtu lalu, mereka bertanding menghadapi sesama tim amatir, Shepton Mallet.

Pada menit ke-76, bola keluar dari lapangan dan menghasilkan tendangan gawang (goal kick) untuk Blackfield. Sebagai kiper, normalnya Maseko akan segera mengambil bola dan kembali memulai permainan.

Namun ternyata saat itu Maseko sudah tak tahan ingin buang air kecil, sehingga ia memutuskan untuk pergi menuju pagar rumput untuk menuntaskan 'panggilan alam' tersebut akibat tak ada fasilitas toilet di sekitar lapangan.

Para pemain Shepton yang melihat kelakuan Maseko kemudian 'melapor' kepada wasit, yang akhirnya memberi kartu merah untuk sang kiper. Meski unggul jumlah pemain jelang akhir laga, Shepton gagal mencetak gol dan laga berakhir imbang 0-0.

Seusai laga, co-manager Blackfield, Conor McCarthy mempertanyakan keputusan wasit. Ia melihat apa yang dilakukan Maseko tak layak untuk mendapat hukuman berat.

"Dia (Maseko) perlu ke toilet, sehingga dia pergi menuju pagar rumput, tetapi kemudian para pemain mereka (Shepton) berteriak 'Apa yang dia lakukan?' kepada wasit. Wasit menghampirinya dan memberi kartu merah," ujar McCarthy kepada BBC.

"Dia melindungi dirinya (agar tidak terlihat orang lain). Dia ada di dalam pagar rumput. Terkadang ketika kamu sudah tak tahan, mau tak mau kamu harus melakukannya," jelas McCarthy memahami kondisi kipernya.

Mengingat tak ada pemenang di laga ini, maka akan ada partai ulangan pada Selasa (6/9) malam waktu lokal, kali ini di kandang Shepton, untuk menentukan siapa yang lolos ke babak berikutnya.

"Sampai jumpa Selasa malam (semoga kami bisa sering-sering ke toilet selama perjalanan)," cuit akun Blackfield di media sosial, menyinggung insiden yang menimpa Maseko.

Sementara Shepton mengajak para perusahaan penyedia toilet portabel untuk menjadi sponsor di laga ulangan ini demi mencegah terjadinya kejadian serupa.

"Setelah adanya kartu merah yang tak biasa di laga pertama (mungkin yang pertama kali terjadi), sekarang kami mencari sponsor untuk laga kedua. Para tukang ledeng dan penyedia toilet portabel, ini kesempatan kalian!" cuit akun media sosial Shepton.

(adp/mrp)

ADVERTISEMENT