ADVERTISEMENT

Stiker Messi Laku Diburu Fans, Harganya Tembus UMR Argentina

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 23 Sep 2022 21:20 WIB
TOPSHOT - Argentinas forward Lionel Messi celebrates after scoring his teams first goal during the international friendly football match between Argentina and Estonia at El Sadar stadium in Pamplona on June 5, 2022. (Photo by ANDER GILLENEA / AFP) (Photo by ANDER GILLENEA/AFP via Getty Images)
Lionel Messi. Foto: AFP via Getty Images/ANDER GILLENEA
Jakarta -

Animo tinggi dari masyarakat Argentina untuk mengoleksi album stiker Panini edisi Piala Dunia 2022 membuat pemerintah turun tangan. Mereka mengadakan rapat dengan perusahaan asal Italia itu.

Dirangkum Reuters, Diario AS, dan El Pais, seluruh stok album stiker Panini edisi Piala Dunia yang tersedia di Argentina sudah ludes. Padahal peminatnya masih tinggi.

Membludaknya permintaan ini disebabkan keberadaan kartu Lionel Messi. Piala Dunia 2022 mungkin akan menjadi turnamen internasional terakhir La Pulga, sehingga banyak orang mengincar stiker Panini sebagai koleksi yang bernilai tinggi di masa depan.

Bahkan sebelum Piala Dunia, sudah ada stiker Messi yang terjual seharga 315 dolar di pasar gelap, padahal satu pak Panini edisi Piala Dunia berisi lima stiker dijual normal seharga 150 peso atau tak sampai satu dolar.

Juan Vargas, seorang pemilik kios di Buenos Aires, mengaku stok Panini yang dipasok kepadanya sudah habis terjual sejak hari pertama. Ia kini harus berhadapan dengan banyak calon pembeli yang marah karena kehabisan.

Tak sedikit pula kios koran yang kesal dengan Panini karena tak menyediakan pasokan stiker yang cukup kepada mereka dan memilih menjualnya di supermarket, pom bensin, atau di internet karena dinilai lebih menguntungkan.

Matteo MessiMateo Messi memegang stiker Panini edisi ayahnya sendiri. Foto: Instagram @antonelaroccuzzo

Sementara Exequiel Claverie, seorang pekerja swasta dan ayah tiga anak, mengaku selalu ditodong pertanyaan soal stiker oleh anak-anaknya setiap pulang kerja.

"Setiap saya pulang kerja, saya selalu mendengar, 'Ayah, jadi beli stikernya?', padahal stoknya tak ada sama sekali!" ujar Claverie.

Permintaan album stiker yang meningkat diyakini karena bukan hanya anak-anak yang mengincarnya, namun juga orang dewasa. Akibatnya, stok yang ada tak mencukupi.

Pemerintah Argentina turun tangan

Kondisi ini sampai membuat Kementerian Perdagangan Argentina mengadakan rapat satu meja dengan delegasi Panini di Argentina serta Persatuan Pemilik Kios Argentina. Harapannya, ada titik temu soal ini.

Namun langkah ini bukannya tanpa kritikan. Di tengah situasi ekonomi Argentina yang sedang tidak baik- baik saja, mengutamakan pembahasan album stiker yang merupakan barang tersier dinilai sangat tidak etis oleh masyarakat.

Hanya saja, semakin lama permintaan masyarakat tak terpenuhi, harga stiker Messi di pasaran pun semakin melonjak tak terkendali. Saat ini, ada yang berani memasang harga hingga 45 ribu peso, atau senilai upah minimum Argentina!

(adp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT