Spalletti Bawa Mawar ke Jumpa Pers, Dukung Para Perempuan di Iran

ADVERTISEMENT

Spalletti Bawa Mawar ke Jumpa Pers, Dukung Para Perempuan di Iran

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Sabtu, 01 Okt 2022 07:30 WIB
NAPLES, ITALY - SEPTEMBER 30: Head coach Luciano Spalletti of SSC Napoli speaks at a press conference on September 30, 2022 in Naples, Italy. (Photo by SSC NAPOLI/SSC NAPOLI via Getty Images)
Luciano Spalletti membawa mawar untuk bersolidaritas dengan para perempuan Iran. (Foto: SSC NAPOLI via Getty Images/SSC NAPOLI)
Jakarta -

Protes tengah menjalar di Iran terkait tewasnya Mahsa Amini dan Hadis Najafi. Pelatih Napoli Luciano Spalletti bersolidaritas untuk para perempuan di Iran.

Demo besar-besaran tengah terjadi di Iran, yang dipicu seorang perempuan muda bernama Mahsa Amini. Amini tewas di dalam tahanan polisi.

Perempuan 22 tahun asal Saqez itu ditangkap karena dianggap mengenakan pakaian yang tak pantas. Polisi moralitas Iran memberlakukan aturan ketat dalam hal berpakaian.

Kematiannya memicu protes besar di jalan-jalan, yang direspons dengan aksi brutal oleh otoritas keamanan. Pada prosesnya puluhan korban jatuh dalam protes yang berjalan, termasuk perempuan 20 tahun bernama Hadis Najafi.

Najafi dilaporkan ditembak pasukan keamanan saat sedang menguncir rambut. Ia disebut diberondong enam peluru.

Protes di Iran memicu solidaritas dari seluruh dunia, termasuk dari kalangan sepakbola. Pelatih Napoli Luciano Spalletti membawa bunga mawar untuk mengenang Amini dan Najafi, termasuk mendukung para perempuan di sana.

"Mawar-mawar ini untuk mengenang Mahsa Amini dan Hadith Najafi, cuma itu saja yang bisa saya tambahkan," ungkapnya dikutip Football Italia.



Simak Video "Kebakaran Melahap Penjara Evin Iran, 4 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/mrp)

ADVERTISEMENT