2 Istilah yang Dipopulerkan Sir Alex dan Mourinho Masuk Kamus Oxford

ADVERTISEMENT

2 Istilah yang Dipopulerkan Sir Alex dan Mourinho Masuk Kamus Oxford

Kris Fathoni W - Sepakbola
Jumat, 07 Okt 2022 13:17 WIB
MADRID, SPAIN - FEBRUARY 13:  Head Coach Jose Mourinho of Real Madrid and Manager Sir Alex Ferguson of Manchester United look on during the UEFA Champions League Round of 16 first leg match between Real Madrid and Manchester United at Estadio Santiago Bernabeu on February 13, 2013 in Madrid, Spain.  (Photo by Mike Hewitt/Getty Images)
Sir Alex dan Jose Mourinho. Foto: Mike Hewitt/Getty Images
Jakarta -

Kamus Oxford English Dictionary baru saja memperbaharui sejumlah lema di dalamnya. Termasuk dua istilah yang dulu dipopulerkan oleh Sir Alex Ferguson dan Jose Mourinho.

Seperti dilansir SportBible, ada 15 lema sepakbola yang masuk dalam edisi terbaru kamus Oxford tersebut. Antara lain 'Panenka' dan 'Rabona', yang tentunya sudah cukup dikenal penggemar sepakbola.

Dari ke-15 lema itu, terselip pula istilah yang dulu diucapkan oleh Sir Alex Ferguson semasa menangani Manchester United dan Jose Mourinho di Chelsea.

Istilah dari Sir Alex dan Mourinho yang Kini Masuk Kamus Oxford

Pada suatu waktu, ketika musim kompetisi mendekati akhir, Sir Alex pernah diminta menggambarkan peluang timnya dalam persaingan memperebutkan gelar juara Premier League.

Ketika itu Sir Alex melontarkan istilah 'Squeaky Bum Time', yang kini resmi masuk ke dalam kamus Oxford terbaru. Maknanya, "sebuah periode waktu khusus yang sangat menegangkan, yang mengarah ke klimaks kompetisi atau acara."

Istilah lain dipopulerkan oleh Jose Mourinho yakni 'Park the bus'. Istilah 'parkir bus' itu dicetuskan Mourinho ketika menggambarkan permainan defensif Tottenham Hotspur di tahun 2004.

Di kamus Oxford, istilah 'parkir bus' dimaknai sebagai "bermain dengan cara yang amat defensif, biasanya dengan menempatkan mayoritas pemain outfield (pemain selain kiper) di area sendiri dan minim memperlihatkan niat menyerang."

(krs/yna)

ADVERTISEMENT