sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 05 Okt 2016 13:42 WIB

Tanggapan Orang Tua Tristan Alif Soal Kabar Tak Sedap Anaknya di Klub Leganes

Amalia Dwi Septi - detikSport
Foto: Istimewa
Jakarta - Kabar kurang menyenangkan menghampiri Tristan Alif Naufal. Bocah bertalenta itu dikabarkan hanya melakukan kunjungan ke Spanyol, bukan dikontrak oleh akademi klub La Liga Leganes. Namun isu tersebut dibantah oleh ayah dan ibu Alif.

Alif telah berangkat ke Spanyol dan tiba di kota Madrid, Senin (26/9) lalu. Dia langsung dijemput perwakilan KBRI dan dijamu makan siang oleh duta besar Indonesia untuk Spanyol, Yuli Mumpuni Widarso.

Usai makan siang, Alif langsung melanjutkan perjalanan ke markas latihan Leganes untuk diikutkan dalam pertandingan persahabatan. Dalam rilis yang diterima detikSport, Alif dimainkan di babak kedua dengan menempati "posisi nomor 10" alias gelandang serang.

Namun beberapa hari belakangan muncul kabar tak sedap yang mengatakan kalau Alif hanya sekadar jalan-jalan untuk mengunjungi Leganes. Dia disebut-sebut bukan dikontrak oleh Leganes, tetapi hanya mengunjungi Butarque, markas Leganes. Disebutkan juga kalau Leganes sama sekali tidak berminat mengontrak Alif, apalagi ada peraturan FIFA yang melarang transfer pemain di bawah umur.

Menanggapi kabar miring tersebut ayah Alif, Ivan Trianto, mengaku tak mau ambil pusing. Menurutnya anaknya saat ini masih asyik berlatih di Spanyol sambil menunggu penyelesaian dokumen-dokumen yang diperlukan.

"Kalau tanggapan saya, kami fokus saja menyelesaikan dokumen legal dalam rangka penyelesaian izin tinggal agar Alif dapat segera bergabung dengan klubnya," ujar ayah Alif, Ivan Trianto kepada detiksport, Rabu (5/10).

[Baca Juga: Tristan Alif Masuk Akademi Klub La Liga]

"Alif tetap latihan. Tapi, begitu proses penyelesaian untuk persyaratan dokumen yang harus diselesaikan di Spanyol selesai, Alif akan pulang ke Indonesia sebentar, karena sisa penyelesaian izin tinggal diharuskan dilakukan dari negara asal," lanjut dia.

Sang ibu, Irma, kemudian menjelaskan soal status anaknya di klub yang baru promosi ke La Liga itu. Tristan disebutnya berada di sana karena mendapat beasiswa. Dia akan berlatih dan diasah kemampuannya di akademi Leganes.

"Kalau masalah kontrak memang anak dibawah 17 tahun idak boleh dikontrak, tapi dapat beasiswa. Seperti diketahui, kami sedang dalam pengurusan dokumen-dokumen, jadi harap sabar. Tidak apa-apa semua demi keamanan Alif dan pihak klub," ungkapnya.

"Sekali lagi saya menjelaskan, pastinya semua klub akan menyangkal kalau ditanya tentang kontrak anak atau pemain di bawah umur. Karena sesuai peraturan belum bisa," kata Ibu irma.


(ads/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com