sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 02 Agu 2018 16:36 WIB

Tiga Tuntutan BOPI ke PT LIB

Randy Prasatya - detikSport
BOPI saat bertemu PT Liga Indonesia Baru. (Foto: Randy Prasatya/Detikcom) BOPI saat bertemu PT Liga Indonesia Baru. (Foto: Randy Prasatya/Detikcom)
Jakarta - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) telah memanggil PT. Liga Indonesia Baru (LIB). Ada tiga hal yang menjadi tuntutan BOPI dari pemanggilan itu.

Dalam pertemuan ini, BOPI turut dihadiri oleh Ketua Umum, Richard Sam Bera, dan Andreas Marbun selaku Sekretaris Jenderal. Sementara itu, liga dihadiri oleh Direktur PT. LIB, Risha Adi Wijaya, dan Tigor Shalom Boboy selaku COO PT. LIB.

Hal pertama BOPI menyoroti masalah kerusuhan suporter mulai dari pertandingan di Bantul pada Mei lalu, pemukulan terhadap suporter di Stadion PTIK, kerusuhan suporter di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, sampai meninggalnya suporter pada laga PSIM Yogyakarta kontra PSS Sleman.

BOPI mendesak PT. LIB selaku operator Liga 1 dan Liga 2 untuk membuat rekomendasi ke PSSI ataupun Komdis PSSI. Hal itu bertujuan untuk menghukum pihak yang terkait kerusuhan.

"Kami sudah berbicara, dan kami minta kepada operator untuk memberikan rekomendasi ke PSSI ataupun Komdis, sehingga ada sanksi yang tegas, bersifat efek jera sehingga ini tak kejadian lagi," kata Richard, di Wisma Kemenpora, Kamis (2/8/2018) siang WIB.

Pembahasan kedua, terkait persoalan gaji yang ditunggak oleh klub peserta kompetisi baik di Liga 1 dan Liga 2. BOPI meminta agar tunggakan gaji yang sampai berbulan-bulan itu harus terselesaikan sebelum jeda Asian Games 2018 usai.




Pemain Marco Sandy Meraudje dan pelatih Rahmad Darmawan adalah sedikit nama yang terkuak bahwa gajinya tertunggak oleh Sriwijaya FC.

"Ini ada Sriwijaya FC ada Persegres Gresik yang dilaporkan dan ramai di media. Kami minta, tunggakan gaji klub kepada pemain, segera diselesaikan," sambungnya.

Mantan Perenang Indonesia itu juga ingin keributan antarpemain dan pemukulan wasit bisa dihentikan. Dalam hal ini wasit yang ditunjuk harus cakap dalam kepemimpinan.

"Kami tak mau ada ribut antarpemain lagi, wasit juga menjadi perhatian kami. Jangan sampai ada kejadian wasit yang kurang (layak) memimpin sehingga muncul keributan. Ke depan ini harus dilenyapkan," tegasnya.

Risha sudah melaporkan dan mencatat semua masukan BOPI. Mereka akan segera melaporkan ke PSSI dan memberikan rekomendasi terkait apa saja yang dibicarakan dalam rapat hari ini.

"Hal yang jadi concern BOPI, ini juga menjadi perhatian kami. Kami akan sampaikan hasil meeting ini ke PSSI karena ini positif," ungkap Risha.







Tonton juga 'Asa Sepakbola Indonesia di Asian Games 2018':

[Gambas:Video 20detik]


Tiga Tuntutan BOPI ke PT LIB
(ran/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com