DetikSepakbola
Selasa 18 September 2018, 20:55 WIB

Indra Sjafri Siapkan Beberapa Formasi Alternatif di Piala Asia

Amalia Dwi Septi - detikSport
Indra Sjafri Siapkan Beberapa Formasi Alternatif di Piala Asia Foto: Rengga Sancaya/detikSport
Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, menyiapkan beberapa formasi untuk menghadapi di Piala Asia U-19 2018. Seleksi pemain terus dijalankan hingga uji coba terakhir.

Timnas U-19 sedang mempersiapkan diri tampil di Piala Asia U-19 2018 yang digelar pada 18 Oktober-4 November 2018. Sebelum tampil di Piala Asia itu, Timnas menjalani uji coba terdekat, tampil di turnamen PSSI Anniversary Cup U-19 di Stadion Pakansari, Cibinong pada 23 dan 25 September.

Menjelang turnamen segitiga itu, Timnas diigodok di Jakarta sejak Senin (17/9/2018). Bagi Indra, uji coba itu akan digunakan untuk mengasah formasi yang disiapkan, sekaligus sebagai ajang seleksi pemain.

Ya, saat ini, Indra tengah mengutak-atik formasi yang akan digunakan saat Piala Asia 2018. Sebelumnya, Indra dikenal memiliki beberapa formasi andalan seperti saat membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013 lalu. Dia kerap memainkan formasi 4-3-3 atau 4-1-4-1.




"Inilah guna dari sebuah persiapan. Semua ini untuk menentukan sistem yang akan kami gunakan, termasuk formasi. Satu hal yang harus diingat, formasi itu bukan tergantung kepada pelatih. Formasi itu tergantung kepada kualitas pemain yang ada," ujar Indra Sjafri usai latihan Timnas Indonesia U-19 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (18/9/2018).

"Kalau saya memiliki pemain sayap bagus seperti 2013 era Evan Dimas, ada Maldini Pali dan Ilham Udin yang memiliki kecepatan, tentu saya tidak akan menggunakan 4-4-2, akan rugi jadinya. Jadi, semua tergantung dinamika yang terjadi dari pemain. Namun, dari tim pelatih minimal sudah ada gambaran formasi kami akan bermain dengan sistem seperti apa," dia melanjutkan.

Indra tak menampik dia bisa saja memakai formasi 4-3-3 atau dimodifikaai menjadi 4-2-3-1. Tapi dia juga menyiapkan formasi lainnya.

"Bisa jadi. Nanti akan ada beberapa sistem yang harus kami persiapkan karena banyak pertandingan yang harus kami hadapi. Kami harus menyiapkan beberapa alternatif," katanya menambahkan.



(ads/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed