sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 18 Des 2018 16:30 WIB

Bareskrim dan PSSI Kerja Sama Berantas Mafia Pengaturan Skor

Audrey Santoso - detikSport
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo  (M Guruh Nuary/detikcom) Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (M Guruh Nuary/detikcom)
Jakarta - Bareskrim Polri bekerja sama dengan PSSI memerangi mafia pengaturan skor di pertandingan sepakbola. Polri akan membentuk satuan tugas (satgas).

"Ya nantinya akan ada semacam satgas untuk memberantas pengaturan skor di dalam persebakbolaan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (18/12/2018).

"Bareskrim sudah menugaskan Direktur Pidana Umum untuk bekerja sama dengan PSSI dalam rangka untuk mengantisipasi pengaturan skor di dalam pertandingan sepak bola Indonesia," ujar dia.


Dedi menjelaskan pengaturan skor berdampak pada lunturnya sportivitas yang semestinya dijunjung tinggi. Hal tersebut, tambah Dedi, akan membuat kualitas persepakbolaan Tanah Air tak meningkat.

"Bisa membuat persepakbolaan Indonesia tidak maju karena dirusak. Makanya dari PSSI nanti akan meningkatkan kerja sama dengan Bareskrim dalam rangka mengatasi hal tersebut," ujar Dedi.

Ditanyai soal pasal apa yang akan dipakai untuk menjerat mafia skor, Dedi menerangkan bisa pasal pidana penipuan atau undang-undang yang terkait bidang olahraga.

Sebelumnya, PSSI bersikukuh untuk menyelesaikan pengaturan skor dalam ranah sepakbola, tidak sampai ke hukum. Pengaturan skor menjadi pembahasan hangat setelah gol tak wajar di laga PS Mojokerto Putra dengan Aceh United. Kemudian manajer Madura FC, Januar Herwanto, mengungkapkan pengaturan skor nyata adanya di sepakbola Indonesia.




(aud/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com